DMAS Cetak Laba Bersih Rp757,2 Miliar pada 2016

(infomoneter)-PT Puradelta Lestari Tbk (DMAS), pengelola kawasan industri, membukukan laba bersih Rp757,2 miliar pada 2016 di tengah perlambatan ekonomi nasional dan penurunan permintaan lahan industri.

“Laba sebesar dapat dicapai setelah kami membukukan pendapatan sebesar Rp1,6 triliun pada 2016, dimana segmen penjualan lahan industri masih menjadi kontributor terbesar bagi pendapatan kami pada tahun lalu,” ujar Tondy Suwanto, Direktur DMAS, di Jakarta, Senin (03/04/2017).

Tondy menjelaskan, perlambatan ekonomi nasional yang diikuti oleh penurunan permintaan lahan industri telah mempengaruhi kinerja perseroan tahun lalu. Kendati demikian, perseroan masih dapat mempertahankan kinerja yang positif.

Dari sisi penjualan, DMAS pada 2016 sukses menjual lahan industri seluas 52,9 hektar, salah satunya kepada PT Astra Honda Motor yang membeli lahan seluas 38,3 hektar pada Agustus 2016.

“Kami yakin, penjualan kami akan terus membaik pada tahun ini karena didorong oleh peningkatan optimisme investor terhadap perekonomian nasional yang mulai membaik,” tukas Tondy.

Tondy menuturkan, DMAS siap memanfaatkan peluang peningkatan investasi tersebut dengan kondisi fundamental perusahaan yang kokoh, dimana asset perseroan tercatat Rp7,8 triliun dan ekuitas Rp7,4 triliun hingga akhir 2016. Sementara kas perseroan masih kuat di posisi Rp1,2 triliun.

“Dengan solidnya kondisi keuangan perusahaan, kami siap memanfaatkan peluang yang ada dan yakin kinerja akan membaik pada tahun ini. Saat ini kami melihat adanya tren peningkatan permintaan lahan industri dan keseriusan para pelaku bisnis untuk mulai berinvestasi,” pungkas Tondy.

Posisi kas yang kuat serta belum adanya utang membuat DMAS berpotensi untuk mengembangkan sebuah kota terpadu. Dengan peningkatan aktivitas industri di kawasan Kota Deltamas, Perseroan akan mengembangkan lebih banyak proyek hunian dan komersial, serta mengoptimalkan proyek-proyek yang menghasilkan pendapatan berulang (recurring income) sehingga pendapatan perusahaan lebih solid kedepannya. (Abraham Sihombing)

Infomoneter

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *