Hansaplast Melanjutkan Program Aksi Siaga Hansaplast di 350 Sekolah Dasar di Jakarta dan Malang

DSC_3472(infomoneter.com)– Hansaplast, merek plester nomor satu di Indonesia yang expert pada P3K, kembali melanjutkan program Aksi Siaga Hansaplast di tahun 2017, dengan materi edukasi Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K) ke 350 sekolah dasar (SD) di Jakarta dan Malang. Di tahun ke-3 ini, Program Aksi Siaga Hansaplast memberikan pengetahuan dasar seputar P3K melalui Interactive Fun Learning dan kegiatan Pramuka yang merupakan bagian dari gaya hidup aktif dan edukatif di sekolah. Sebagai puncak acara Aksi Siaga Hansaplast di Jakarta, hari ini akan diumumkan tiga sekolah terbaik dari 20 sekolah dasar (SD) finalis di Jakarta.

Program Aksi Siaga Hansaplast ini dilatarbelakangi oleh riset yang mengatakan bahwa cedera paling banyak terjadi di tiga lokasi, yaitu jalan raya sebesar 42,8%, di rumah sebesar 36,5%, dan di sekolah sebesar 5,4% . Proporsi jenis cedera didominasi oleh luka lecet/memar sebesar 70,9%, terkilir 27,5%, dan luka robek 23,2%. Sedangkan lebih dari 60% konsumen Indonesia hanya membeli plaster ketika dibutuhkan, sehingga kepedulian akan pentingnya mempersiapkan P3K perlu ditingkatkan . Jenis-jenis cedera dari data tersebut umumnya dapat ditangani jika memiliki keterampilan dalam penanganan pertama pada luka atau Pertolongan Pertama pada Kecelakaan (P3K).

Puncak acara Aksi Siaga Hansaplast di Jakarta melibatkan 100 orang siswa perwakilan dari 20 sekolah dasar (SD) terpilih. Dalam kegiatan ini, para siswa akan menunjukkan kemampuan mereka dalam mengasah pengetahuan P3K, adu ketangkasan, team work, dan kreativitas yang dikemas dengan kegiatan seru dan interaktif berbasis keterampilan Pramuka. Para siswa akan menghadapi serangkaian tantangan dalam empat zona yaitu Knowledge Zone, Agility Zone, Team Work Zone, dan Art Potential Zone. Setiap zona akan menguji kemampuan dan kekompakan peserta, sekaligus memberikan informasi edukatif seputar P3K. Di kesempatan yang sama, para orang tua siswa juga akan mendapat sesi khusus yang membahas sejumlah aksi pertolongan pertama yang dapat diimplementasikan dalam kegiatan sehari-hari.

Holger Welters, President Director, PT Beiersdorf Indonesia, mengungkapkan, “Program Aksi Siaga Hansaplast merupakan komitmen dari Hansaplast untuk meningkatkan kesadaran mengenai pentingnya pengetahuan dan penggunaan P3K yang tepat sejak dini. Program ini sangat bermanfaat karena tidak hanya melatih keterampilan dan kemampuan anak-anak, akan tetapi juga menumbuhkan kepedulian dan kesiagaan pada diri sendiri, keluarga, dan lingkungan sekitar yang lebih luas. Kami berharap dengan adanya program ini para murid semakin terinspirasi, termotivasi, dan percaya diri untuk memberikan pertolongan pertama dengan baik dan benar. Serta yang terpenting dari program ini adalah menggerakkan para siswa dan masyarakat umum untuk senantiasa menyediakan perlengkapan P3K di rumah, kendaraan, maupun untuk persediaan personal, kapan saja dan di mana saja.”

Setiawan Saputra, Marketing Manager Hansaplast PT Beiersdorf Indonesia, mengatakan, “Sebagai bagian dari komitmen Hansaplast untuk meningkatkan pengetahuan dan penggunaan P3K sejak dini, kami meneruskan kembali program Aksi Siaga Hansaplast. Kali ini ke sekolah dasar di Jakarta dan Malang. Tujuan program Aksi Siaga Hansaplast adalah agar siswa menyadari pentingnya memiliki perlengkapan P3K kapan saja dan di mana saja, serta memahami cara penggunaan P3K yang tepat sejak dini. Selain mengedukasi murid-murid SD, Aksi Siaga Hansaplast juga melibatkan langsung para guru dan orang tua murid untuk turut peduli, berbagi, serta mempersiapkan P3K kapan saja dan di mana saja melalui sesi edukasi dan pelatihan.”

Setiawan Saputra menambahkan, “Selain membekali murid-murid dengan keterampilan P3K, program Aksi Siaga Hansaplast juga bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai positif yaitu peduli diri sendiri, peduli sesama, dan peduli lingkungan. Peduli diri sendiri yaitu supaya murid tahu yang harus dilakukan bila dirinya mengalami luka. Peduli sesama yaitu agar murid saling peduli terhadap sesama yang terluka. Peduli lingkungan yaitu murid diajarkan untuk menjaga lingkungan dengan pemilahan dan pemanfaatan sampah basah dan kering.”

Drs. H. Adang Suryana, Anggota Andalan Pusdiklat, Gerakan Pramuka Kwartir Daerah Provinsi DKI Jakarta, mengungkapkan, “Kami sangat mengapresiasi Hansaplast yang telah menunjukkan komitmennya dalam meningkatkan pengetahuan dan penggunaan akan P3K sejak dini. Program Aksi Siaga Hansaplast telah mengedukasi murid sekolah yang tergabung dalam pramuka sejak 2015 dan peserta selalu menunjukkan antusiasme tinggi terhadap program ini. Selain membekali peserta dengan pengetahuan dan keterampilan pramuka dalam memberikan pertolongan pertama dalam kecelakaan, program Aksi Siaga Hansaplast juga mengingatkan kita akan pentingnya memiliki perlengkapan P3K di mana pun dan kapan pun. Kami berharap program ini dapat terus berlanjut di tahun-tahun mendatang.”

Aksi Siaga Hansaplast merupakan program Corporate Social Responsibility (CSR) dari Hansaplast yang dilakukan di sekolah dasar untuk menyampaikan edukasi pengetahuan P3K kepada murid-murid kelas 3-5 SD. Program ini diadakan pertama kali pada tahun 2015 dengan mengikutsertakan 100 SD di Bandung dan di tahun 2016 melibatkan 350 SD di Bandung dan Surabaya. Di tahun 2017, secara keseluruhan, program Aksi Siaga Hansaplast mengikutsertakan 350 SD di Jakarta dan Malang, 58.888 murid, 1927 guru sekolah, dan 58.888 orang tua murid.

PT Beiersdorf Indonesia merupakan afiliasi dari Beiersdorf AG yang merupakan penyedia terkemuka produk perawatan kulit yang inovatif, kualitas tinggi dan memiliki lebih dari 130 tahun pengalaman di segmen pasar ini. Berbasis di Hamburg, Jerman, kini memiliki lebih dari 16.500 karyawan di seluruh dunia dan telah terdaftar dalam bursa efek Jerman DAX sejak Desember 2008. Keberadaan Beiersdorf di Indonesia dimulai pada tahun 1979. Pada tahun 1981 pabrik yang berlokasi di Malang mulai beroperasi dan sejak itu melayani kebutuhan konsumen di Indonesia dengan memproduksi Hansaplast, merek plester No. 1 di Indonesia yang tersedia dalam bentuk plester luka, plester khusus kaki, plester roll, koyo, kompres demam dan plester untuk kebutuhan medis. Tidak hanya itu, Beiersdorf juga menaungi berbagai produk perawatan kulit terpercaya seperti NIVEA Body Lotion, NIVEA Creme, NIVEA Deodoran, NIVEA Face Care, NIVEA Sun, NIVEA Lip Care, NIVEA Soft, dan NIVEA Men. (kormen/infomoneter.com).

Infomoneter

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *