Split, Ketika Pikiran Mendominasi Kepribadian

spi(Infomoneter) – Nama M. Nigt Shyamalan sebenarnya sudah tak asing lagi bagi para pecinta film scifi dan thriller. Yup, Shyamalan sempat menyutradarai sejumlah film bergenre itu seperti The Sixth Sense (1999) dan Signs (2002). Tahun ini Shyamalan kembali dengan karya film terbarunya berjudul Split. Kali ini sutradara berdarah India tersebut menghadirkan karya yang berbeda dan berusaha menemukan lagi ritme cerita yang khas dengan plot twist yang membuat penonton agak berpikir dan pada akhirnya penonton akan dibuat menganga.

Film Split adalah film asal Amerika Serikat bergenre Horror-Thriller, arahan sang sutradara M. Night Shyamalan yang juga merupakan penulis skenarionya. Dibintangi James McAvoy, Sterling K. Brown, Haley Lu Richardson dan Anya Taylor-Joy, film yang digarap oleh rumah produksi Blinding Edge Pictures dan Blumhouse Productions dan akan tayang pada 15 Februari 2017 di Indonesia.

Split mengisahkan tentang seorang pria bernama Kevin (James McAvoy) yang memiliki 23 kepribadian. Di awal film Shyamalan langsung membuat kita bingung dengan adegan penculikan tiga orang gadis remaja (Casey, Claire, Marcia) yang dibawa ke kamar di sebuah basement. Penculik tersebut diketahui bernama Dennis dengan ciri khas mengenakan kacamata dan terobsesi dengan kebersihan. Setiap pribadi yang dimiliki Kevin memiliki karakter masing-masing. Dia bisa berubah menjadi pribadi perempuan, pribadi anak kecil dan penjahat dan lain sebagainya.

Kevin sebenarnya memiliki satu kepribadian yang selama ini tidak pernah muncul ke permukaan. Untuk memunculkan pribadi itu, dia terpaksa menculik tiga gadis remaja yang berada disebuah parkiran. Dia membawa gadis tersebut ke sebuah gudang tua dan disitulah kepribadian terakhirnya yakni The Beast segera muncul.

Masalah yang dihadapi film ini adalah pada kesulitan pemahaman alur cerita apabila penonton tidak benar-benar memerhatikan film ini dari awal, terlebih pada pengenalan karakter yang cepat berubah. Shyamalan sendiri juga menyatakan kalau cerita ini menarik untuknya, di satu sisi juga problematik ketika ingin menjualnya ke penonton. Masalah berikutnya adalah pada akting para pemain lain yang seperti tertutupi oleh kehadiran James McAvoy.

Di luar kekurangan tersebut, Split berhasil meyakinkan penonton bahwa M. Night Shyamalan masih bisa konsisten untuk membuat film dengan tema yang unik dan alur penceritaan yang dipenuhi kejutan. Peran James McAvoy sangat membantu di film ini sehingga kita dapat menyaksikan film yang sungguh di luar dugaan.

So, bagi para pecinta film misteri, Split sangat cocok untuk ditonton. Pastinya, akan memberikam pengalaman menonton yang menegangkan. (RIZKI)

Infomoneter

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *