5 Pekerjaan yang Cocok Bagi yang Gemar Baca Buku

Ketika kita sehari-hari menjalani rutinitas pekerjaan yang sesuai dengan passion dan hobi kita, tentu hal tersebut akan sangat begitu menyenangkan. Tak hanya itu, dari sisi produktifitas pekerjaan pun sudah tak bisa dikhawatirkan lagi.

Di zaman serba modern ini, kita tak perlu khawatir. Karena apapun passion dan hobi yang kita sukai pasti ada saja profesi yang bisa dijalankan. Termasuk bagi kalian yang memang suka membaca buku.

Berikut daftar berbagai profesi yang dianggap cocok bagi kalian yang gemar membaca buku.

  1. Membuka Toko Buku Sendiri

Salah satu cara termudah ialah memiliki toko buku sendiri. Tenang saja, pada saat ini toko buku banyak yang hadir di dunia online. Baik itu dalam bentuk web maupun di sosial media, hal ini akan memudahkan kalian memiliki toko sendiri.

Dengan hadirnya kalian yang hobi membaca buku sebagai sang pemilik toko, kalian bisa memberikan rekomendasi buku-buku bagus kepada calon pembeli. Hal ini didasari karena memang kalian adalah orang yang tepat dibalik berdirinya toko buku itu.

  1. Kerja di Perusahaan yang Berhubungan dengan Buku

Ketika pilihan nomor satu ‘mentok’ karena sulit direalisasikan. Sebaiknya kalian memilih pilihan lainnya, yaitu dengan menjadi karyawan terlebih dahulu sambil belajar. Bekerja di toko buku dan penerbit merupakan rekomendasi utama.

Di sana, kalian pasti akan bisa survive. Mengapa? Karena toko buku maupun perusahaan penerbit tentu bisa dikatakan sebagai ‘surga’ bagi kalian.

  1. Menjadi Guru

Menjadi tenaga pengajar tentu bukan pilihan yang buruk bagi kalian. Selain bisa berbagi ilmu,  kalian juga bisa menambah pengetahuan baru karena membaca buku pelajaran. Jadilah tenaga pengajar yang sesuai dengan kemampuan terbaik kalian ya!

Namun jangan khawatir, bagi kalian yang suka membaca bukunya ‘serampangan’ alias asal saja yang penting bisa baca. Nah pekerjaan yang cocok ialah menjadi guru bahasa, karena seringnya kalian membaca buku pasti perbendaharaan kata kalian juga begitu kaya, bukan?

  1. Pencari Fakta/Observer/Tim Riset

Sebetulnya tak jauh beda dengan guru, dengan menjadi observer juga bisa menambah ilmu bagi kalian sekaligus membuktikan sesuatu yang janggal bagi kalian dan orang banyak. Namun sayangnya, di Indonesia profesi yang seperti ini masih kurang populer.

Hal seperti ini akan jadi menarik karena kalian berusaha mencari tahu lebih dalam mengenai asal-usul nama, peristiwa, tempat, kisah, bahkan mitos. Ketika sudah terungkap hasilnya, tentu kalian akan merasakan sesuatu yang luar biasa atau dalam artian ‘lega’.

  1. Penulis

Sudah selayaknya seperti sendok dan garpu, sosok pembaca dan juga penulis akan saling berdampingan. Juga selayaknya pembeli dan penjual yang saling membutuhkan.

Jika kalian hobi membaca, pasti perlahan akan membuat kalian juga menekuni dunia tulis menulis. Kini, kalian bisa menjalankan profesi ini dengan berbagai macam cara misalnya, menjadi jurnalis, blogger, novelis, bahkan editor. Medianya pun ada dua yaitu cetak dan online.

(RIO | Photo: viva.co.id)

 

Lifestyle Indonesia

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *