Hati-Hati! Inilah Buah-Buahan dan Sayuran yang Mengandung Racun

Siapa yang tidak ingin mempunyai tubuh yang sehat. Setiap orang pasti menginginkan tubuh yang sehat. Adalah satu cara mendapatkan tubuh yang sehat adalah dengan mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran. Siapa yang tidak suka dengan buah-buahan dan sayuran, buah dan sayur dikenal sebagai makanan yang penuh dengan manfaat untuk kesehatan tubuh.

Ternyata tidak semua buah dan sayur baik untuk dikonsumsi. Faktanya, buah dan sayur tertentu mengandung racun yang berbahaya bagi tubuh. Emang ada beberapa jenis buah dan sayur yang mengandung racun berbahaya jika tidak diproses dengan tepat sebelum dikonsumsi. Buah dan sayur ini juga berbahaya bagi penderita penyakit tertentu, karena bisa memperparah kondisi penyakit bahkan mengakibatkan kematian.

  1. Apel (Bijinya)

Apel merupakan buah cukup disukai oleh masyarakat Indonesia. Apel memiliki rasa yang manis, sedikit asam, dan sedikit sepat. Mungkin belum banyak yang mengetahui bahwa buah apel ternyata berbahaya. Memang tidak keseluruhan buah apel ini berbahaya atau beracun, melainkan hanya bijinya saja. Menurut para ilmuwan, ternyata biji buah apel ini mengandung sianida. Sianida memang merupakan salah satu zat yang beracun untuk tubuh.

Sampai saat ini memang belum ada penelitian yang menjelaskan seberapa besar kandungan sianida pada biji apel. Tetapi menurut beberapa ilmuwan, kandungan sianida pada biji apel cukup rendah. Dengan memakan biji apel pada satu buah apel memang tidak akan menimbulkan efek sampai kematian. Tetapi apa bila saat memakan apel Anda merasa pusing, mual-mual, dan bekeringat sebaiknya hentikan konsumsi apel dan pergilah ke dokter.

  1. Belimbing

Belimbing biasa digunakan untuk obat herbal, tapi jika dikonsumsi oleh seseorang yang sakit ginjal, akibatnya bisa fatal. National Kidney Foundation Amerika Serikat berkata, belimbing mengandung racun yang bisa berpengaruh ke otak dan mengakibatkan gangguan saraf.

Racun ini diproses dan dihilangkan dalam tubuh bagi orang dengan ginjal yang sehat, tapi sebaliknya, jika orang itu terkena penyakit ginjal kronis, racun tidak dapat dinetralisir. Akibatnya, racun bisa berpotensi menyebabkan kematian.

  1. Tomat

Tomat merupakan buah yang sering di gunakan dalam berbagai masakan. Tomat juga sering di konsumsi dalam keadaan mentah belum dimasak. Tetapi taukah Anda ternyata tomat mengandung racun yang cukup berbahaya untuk tubuh. tomat mengandung atropin atau solanin atau biasa disebut gikoalkoloid. Racun ini biasanya lebih banyak terdapat pada tomat yang masih hijau dan masih belum begitu matang.

Biasanya bila keracunan gikoalkoloid penderita akan mengalami keletihan, pendarahan pada sistem cerna, menggigil, sakit kepala atau migran, kelumpuhan, dan yang paling parah adalah kematian. Racun ini bisa dimatikan dengan cara tomat di masak hingga benar – benar matang dan siap untuk di santap.

  1. Kentang

Tidak begitu mengagetkan ketika kentang bisa jadi beracun, khususnya dikonsumsi ketika kentang sudah bertunas atau berwarna hijau. Racun kentang, solanine, ditemukan pada tanaman tapi penya resiko lebih besar saat kentang berwarna hijau atau dengan tunas yang sudah tumbuh.

Gejala keracunan termasuk muntah, sakit perut, halusinasi dan bahkan kelumpuhan.

  1. Bayam

Mengandung asam oksalat yang dapat mengikat kalsium sehingga kalsium tidak dapat dimanfaatkan oleh tubuh dan membentuk kristal yang dapat mengiritasi lambung dan membentuk batu ginjal. Kandungan asam oksalat yang tinggi pada bayam bisa berbahaya pada seseorang sebab hanya dengan 4-5 gram asam oksalat dapat menyebabkan kematian pada orang dewasa.

Gejalanya gangguan pencernaan (kram perut dan muntah-muntah) yang dengan cepat diikuti gangguan peredaran darah, pecahnya pembuluh darah, dan kematian pada kasus berat.

  1. Singkong

mengandung linamarin dan lotaustralin dimana racun ini akan bereaksi dengan enxim dalam tubuh kemudian berubah menjadi hidrogen sianida yang sangat beracun. Racun ini banyak terdapat pada singkong yang mentah atau dimasak kurang sempurna dimana singkong yang pahit lebih banyak racunnya daripada yang manis.

Gejala yang terjadi yaitu timbul beberapa jam setelah makan singkong berupa kesulitan bernafas, mual, muntah, diare, pusing, lemah, kejang, detak jantung tidak teratur, dan pada kasus berat dapat menyebabkan kematian karena sulit bernafas.

  1. Aprikot

Buah aprikot memang belum begitu terkenal di masyarakat Indonesia. Aprikot merupakan salah satu buah tropis. Bagian aprikot yang beracun sama dengan buah cheri, yaitu pada bijinya. Biji buah aprikot mengandung racun sianida, glikosida sianogen, dan amigdalin.

Zat beracun pada biji buah aprikot dapat menyebabkan pusing berat, muntah-muntah, insomnia, gelisah, rasa haus yang berlebihan, mudah letih, nyeri di persendian, dan rasa sakit pada otot.

  1. Murbei

Buah murbei saat ini cukup terkenal di Indonesia. Tetapi buah murbei ini masih sangat susah untuk dijumpai. Murbei mempunyai bentuk yang bulat kecil-kecil mirip dengan buah anggur. Murbei memang buah yang cantik dan mengiurkan, tetapi buah ini ternyata memiliki racun. Buah murbei dapat menyebabkan sakit perut yang akut.

Umumnya murbei merupakan jenis makanan untuk penderita maag yang wajib di hindari, karena ia juga dapat menyebabkan sakit perut akut yang berdampak pada penyakit maag semakin parah. Murbei juga dapat menyebabkan asam lambung naik dengan cepat, jadi ia merupakan makanan untuk penderita asam lambung yang wajib anda hindari.

(RAMA | Photo: lafayettepuzzles.com)

Lifestyle Indonesia

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *