Hilangkan jerawat dan putihkan gigi dengan arang murni

Sumber :

Arang biasanya dikenal sebagai kayu yang sudah melalui proses pembakaran. Kayu yang sudah hangus ini dapat digunakan sebagai bahan untuk membakar, biasanya dimanfaatkan sebagai pemanggang ayam daging atau ikan.

Arang yang sudah digunakan sejak ribuan tahun yang lalu ini pada awal abad 20-an diketahui ternyata mempunyai manfaat selain sebagai bahan pembakaran. Beberapa situs melansir, arang juga banyak manfaatnya untuk kecantikan kulit.

Arang yang dipakai tentu saja berbeda dengan arang untuk membakar makanan. Arang ini telah melalui pemrosesan pemanasan menggunakan gas dengan temperatur rendah dan waktu yang lama. Hasilnya, arang ini akan mempunyai rongga-rongga yang membuatnya dapat menyerap zat lain dengan sangat baik.

Hasil dari proses pembakaran ini dinamakan arang murni/arang aktif (activated charcoal), yang kini banyak dimanfaatkan untuk menyerap racun dalam tubuh. Cara mendapatkannya pun cukup mudah. Arang murni dijual dalam bentuk bubuk, dapat dibeli secara daring.

Nah, karena khasiatnya yang dapat menyerap racun, arang murni dipercaya untuk mengobati kulit yang luka karena gigitan serangga. Best Health Magazine melansir, arang murni dalam bentuk pasta akan menyerap racun dari serangga tersebut dan kulit sembuh dengan cepat.

Berikut ini adalah beberapa manfaatnya lainnya bagi kecantikan.

Hilangkan jerawat dan kecilkan pori

Karena arang murni bekerja baik dalam menghilangkan racun, ia juga dapat melenyapkan racun dari debu dan polusi yang menyumbat pori-pori pada wajah. Kotoran inilah yang dapat menyebabkan jerawat membandel.

Dengan membersihkan wajah dengan arang aktif Anda juga sekaligus menghindari dan memberantas jerawat dari kulit. Pori-pori yang bersih lama kelamaan pun akan tampak lebih kecil.

Caranya mudah, Anda dapat mengambil secukupnya bubuk arang murni yang dapat dibeli di toko daring, biasanya berbentuk kapsul. Campurkan bubuk arang dengan satu sendok teh air mawar, 5 tetes minyak tea tree dan sejumput garam laut. Pakai masker ini dan diamkan di wajah selama beberapa menit lalu bilas dengan air.

Jika tak mau repot, baru-baru ini ada tren masker buih yang mengandung arang aktif yang dapat dengan mudah Anda aplikasikan langsung ke wajah Anda.

Memutihkan gigi

InStyle melansir, kehebatan arang aktif dalam menghilangkan racun juga berlaku untuk gigi. Arang aktif akan membersihkan gigi Anda secara mendalam dan membuatnya tampak lebih putih.

Jika tertarik, cobalah krim pemutih gigi yang mengandung arang. Memang, proses menyikat giginya akan membuat gigi dan mulut Anda menghitam. Tapi, setelah berkumur Anda akan mendapati gigi Anda setingkat lebih putih.

Beberapa jenama pasta gigi juga pernah mengeluarkan formula yang mengandung arang murni untuk membuat gigi lebih putih.

Mengembangkan rambut

Rambut yang kotor karena debu dan minyak cenderung akan terasa berat dan lepek. Mencucinya dengan sampo biasa hanya akan menghilangkan kotoran yang melekat pada permukaannya saja.

Arang murni akan membersihkan kotoran dan minyak yang menempel hingga ke dalam kulit kepala. Keuntungannya lagi, arang murni tak meninggalkan sisa-sisa produk di kulit kepala seperti sampo yang seringkali menjadi ketombe.

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *