Manfaat Sering Mengkonsumsi Infused Water Bagi Kesehatan

Infused water dipopulerkan oleh blogger asal oregon AS bernama Amy Pogue. Ia sendiri mengaku terinspirasi oleh ibunya yang sejak kecil selalu memberinya air dengan potongan lemon didalamnya.

Infused water sendiri merupakan suatu jenis metode pemberian nutrisi-nutrisi tambahan pada air mineral biasa agar menjadi lebih bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Biasanya cara melakukannya adalah dengan menambahkan irisan atau potongan dari berbagai jenis buah-buahan yang memiliki asam dan segar.

Jadi apa sih manfaat dari infused water ini? Apa perbedaannya dari air mineral biasa? Berikut ini adalah beberapa manfaat dari infused water !

  • Detox

Jika Anda mencoba infused water dengan tujuan untuk detox, Anda mungkin sudah pernah mencoba membuat campuran air hangat dengan lemon. Seperti dikutip dari NJcom, Erin Riley, seorang ahli gizi dari Salem Surgical Weight Loss Center mengatakan bahwa lemon memang memiliki efek diuretik. Dan, jika dicampur dengan air hangat, dapat merangsang pergerakan gastrointestinal sehingga membantu melancarkan pencernaan.

  • Mengganti Fungsi ION Tubuh

Infused water juga dapat bermanfaat sebagai pengganti ion tubuh yang hilang akibat aktivitas yang dilakukan seharian. Biasanya anda dapat mengkonsumsi minuman yang memiliki kandungan elektrolit khusus untuk mengembalikan ion tubuh, namun demikian dengan manfaat infused water anda tidak perlu melakukan hal tersebut.

  • Memperlancar Pencernaan

Infused water juga sangat berguna untuk membantu memperlancar dan pencernaan, serta mengurangi gejala gangguan pada pencernaan, seperti, Sembelit, Susah buang air besar, Sakit perut, Mual, Mulas

  • Cara Sehat Minum Vitamin

Selain itu, bahan-bahan yang digunakan dalam membuat infused water biasanya kaya akan vitamin B dan vitamin C. Vitamin-vitamin ini termasuk dalam jenis vitamin yang larut dalam air. Sehingga, ketika dipakai untuk membuat infused water, vitamin akan keluar dan larut di dalam air yang Anda minum. Ini salah satu cara lebih sehat memenuhi kebutuhan vitamin Anda jika dibandingkan dengan mengonsumsi minuman ringan yang diklaim bervitamin tetapi juga mengandung gula tambahan.

  • Mencerahkan Kulit

Sejak kamu tahu bahwa buah lemon punya banyak khasiat untuk kesehatan dan kecantikan kulit, maka kamu wajib untuk selalu menyediakan buah yang kaya raya akan vitamin C ini. Selain kaya akan vitamin C, buah lemon mampu memicu produksi kolagen dan elastin pada kulit, sehingga kamu akan tampak awet muda.  Lemon juga diketahui dapat membersihkan hati, sehingga metabolisme pun jadi lancar. Semakin lancar metabolisme tubuh, maka kulitmu akan semakin terlihat bersih dan cerah.

(RAMA | Photo: greenblender.com)

Lifestyle Indonesia

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *