World Bipolar Day 2017: Living An Optimal Live

Pada Sabtu (04/03) silam, Komunitas Bipolar Care Indonesia (BCI) membuat sebuah acara untuk memperingati Hari Bipolar Sedunia yang berlangsung di Galeri Cipta II Taman Ismail Marzuki, Cikini, JakartaPusat, dengan tema “Living An Optimal Life”.

Hari Bipolar Sedunia ditetapkan International Bipolar Foundation sejatinya setiap 30 Maret. Pertama kali penetapan dilakukan pada 2014 silam. Tanggal ini merupakan tanggal kelahiran seniman legendaris dunia Vincent Van Gogh yang juga menderita gangguan bipolar (bipolar disorder). Agenda dalam acara ini adalah Talkshow “Manfaat BPJS Dalam Layanan Kesehatan Jiwa” oleh dr. Maya Amiamy R., M.kes, AAk (Direkrut Pelayanan BPJS Kesehatan) , lalu “Tips Hidup Optimal Bersama Bipolar” oleh Hana Alfikih (Seniman, ODB), Art Therapy oleh Vindy Ariella (Seniman, Pendiri BCI), Art Exhibition, Live Painting oleh Erwin, Anya, dan Dini (Bipolar Survivor), Music Performance oleh Avia dan dimoderatori oleh Ade Binarko (Founder SehatMental.id) serta Panca Atis (Stand Up Comedian).

“Pengidap Bipolar kini tidak perlu cemas lagi. Karena BPJS akan melayani pengidap Bipolar sama seperti para pasien penyakit fisik,” ucap Maya Amiamy saat menyampaikan pesan di tengah-tengah talkshow.

Visi World Bipolar Day 2017 adalah membawa kesadaran bagi semua orang akan gangguan bipolar kepada dunia dan mengeliminasi stigma sosial di masyarakat. Kemudian, misinya adalah memberikan populasi dunia informasi mengenai gangguan bipolar, sebagai edukasi dan untuk meningkatkan kepekaan terhadap gangguan bipolar.

“Bahwa orang dengan gangguan Bipolar itu sendiri juga bisa menjadi orang yang hidup secara optimal dan dapat diobati seperti hal nya orang yang mengalami penyakit lainnya dan tidak terfokus pada gangguan tersebut, dapat berkarya lewat seni, Tidak merasa bahwa dirinya terkucilkan karena gangguan Bipolar dan hidup layak seperti orang normal lainnya,” ujar Igy Oktamiasih selaku Founder sekaligus ketua Bipolar Care Indonesia.

Bipolar care sendiri sebenarnya adalah sebuah komunitas atau wadah bagi orang dengan gangguan Bipolar (ODB), Caregiver, dan orang-orang yang peduli terhadap Bipolar.

(CNG | Photo: Redaksi)

Lifestyle Indonesia

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *