Belajar Tinting dan Painting di Sekolah Otomotif Nippon Paint Training Center

Industri otomotif sangat erat berkaitan dengan pengecatan. Karena tanpa pengecatan yang baik, mobil sebagai hasil akhir industri otomotif, tidak akan terlihat sempurna. Saat ini, memang sudah banyak SMK khusus body repair. Tapi kekhususan dalam teknik pengecatan yang sesuai kebutuhan dan standar industri masih dirasa kurang.

Atas latar belakang itu, PT Nippon Paint Auto Refinishes Indonesia (NPARI) mendirikan Center for Automotive Refinishes Training and Excellence (CARTE). Saat ini balai pelatihan milik NPARI ini baru membuka pelatihan untuk para peramu warna cat atau lazim disebut tinter.

“Saat ini, kami sudah buka pelatihan tinter untuk yang terbuka untuk umum. Kami sebenarnya juga sudah punya pelatihan untuk tenaga pengecat, tapi masih terbatas kepada rekanan NPARI. Selanjutnya, kami berencana untuk buka pelatihan painter untuk umum,” ujar Kuswantoro Pranabudi, Country Director NPARI.

Fungsi tinter pada industri pengecatan ulang itu sangat penting. Karena tanpa tinter andal, warna cat yang dikehendaki bisa berbeda dengan aslinya. Seorang tinter harus bisa meramu berbagai pigmen warna agar menghasilkan warna cat yang sama dengan aslinya.

CARTE memberikan pelatihan tinter selama sebulan. Materi pelatihan berupa teori dasar tentang warna, kemudian dilanjutkan dengan praktik tinting manual dengan bantuan aplikasi INax Colour Expert di Android Play Store atau di website www.nipponpaintpartner.com.

Kami sempat mengikuti pelatihan para tinter, saat meramu warna cat, ternyata tidak semudah kelihatannya. Cat warna utama atau biasa disebut master tint, harus dicampur berbagai master tint warna lain untuk menghasilkan warna yang diinginkan. Setiap master tint harus ditimbang secara presisi, untuk menghasilkan komposisi warna yang tepat.

Nippon Paint Center for Automotive Refinishes Training and Excellence
Nippon Paint Center for Automotive Refinishes Training and Excellence

Contohnya untuk meramu warna Alabaster Silver Metallic, warna yang sering dipakai mobil Honda, mereka pertama menuang master tint warna silver sembari menimbangnya. Kemudian dituang master tint warna hitam dan warna biru yang juga ditimbang.

Selain kemampuan meramu cat, tinter juga diberikan pelatihan pengecatan dasar atau basic application. “Seorang tinter juga harus tahu hasil ramuannya ketika sudah diaplikasi. Ibaratnya mereka melakukan uji coba hasil ramuan mereka,” ujar Desi Wismono TH, Technical and Training Center Service Manager NPARI.

CARTE tidak memungut biaya bagi para peserta pelatihan. Saat ini, peserta yang berminat untuk mendapatkan pelatihan tinter, bisa langsung datang ke kantor NPARI untuk mendaftar.

 

 

365/50-55(19Apl-2Mei2017)

Autobild : Situs Berita Otomotif Dan Tes Mobil

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *