Efek Positif Mazda G-Vectoring Control

Dampak positif pertama dari GVC adalah pengemudi yang akan merasa percaya diri saat menikung. Hal ini disebabkan karena perilaku mobil saat menikung bisa lebih diprediksi. Intinya, gerakan setir akan terasa sangat sesuai dengan beloknya mobil.

Dampak positif selanjutnya adalah berkurangnya rasa kelelahan saat mengemudi. Awalnya Anda mungkin bingung, apa hubungannya handling dengan kelelahan mengemudi? Ternyata benar ada dampaknya. Akibat perilaku dan gerak mobil yang lebih terprediksi saat menikung, Anda tidak perlu banyak melakukan koreksi setir. Intensnya koreksi setir apalagi di perjalanan panjang, akan membuat pengemudi merasa cepat kelelahan.

GVC juga ternyata bisa meningkatkan kenyamanan. Saat mulai menikung, badan Anda menerima gaya gravitasi deselerasi. Saat sedang menikung, badan Anda akan menerima gaya gravitasi lateral. Sementara saat selesai menikung, badan Anda akan menerima gaya gravitasi akselerasi. Intinya, badan Anda akan terhempas ke depan, ke samping, dan ke belakang saat mobil menikung.

Berkat GVC yang mampu mendistibusikan bobot sesuai kebutuhan, transisi antar gaya gravitasi yang badan Anda terima jadi lebih halus. Efeknya badan Anda jadi tidak terlalu ‘terlempar’ kesana-kemari dan berefek pada kenyamanan selama berkendara.

GVC selalu menjaga vertical load seluruh ban di titik terbaiknya. Hal ini tentunya semakin meningkatkan stabilitas. Hasil akhirnya, mobil jadi lebih aman dikendarai di medan yang punya friksi rendah. Misalnya saat kondisi aspal basah atau di medan bersalju.

 

 

365/62-63(19Apl-2Mei2017)

Autobild : Situs Berita Otomotif Dan Tes Mobil

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *