Perbandingan Fitur Suzuki Ertiga Diesel vs Honda Mobilio Baru vs Daihatsu Xenia R Sporty

Fitur menjadi pertimbangan penting konsumen di segmen Low MPV. Berikut Perbandingan Fitur Suzuki Ertiga Diesel vs Honda Mobilio Baru vs Daihatsu Xenia R Sporty.

Layout dasbor Mobilio sudah driver oriented. Ia memiliki head unit layar sentuh sama seperti yang dimiliki Daihatsu Xenia. Perbedaannya, pada head unit Mobilio sudah terintegrasi dengan kontrol pengaturan di setir, sementara pada Xenia tidak.

Perbedaan lain, layar head unit di Mobilio juga berfungsi sebagai kamera parkir. Sementara di Xenia dilengkapi dengan kamera dan sensor parkir belakang dan depan. Oh ya, meski head unit Ertiga Diesel hanya double DIN biasa dan tanpa kamera parkir, ia sudah menyediakan 4 sensor parkir.

Untuk pencahayaan, hanya Ertiga diesel yang  menyediakan fitur manual leveling. Meski pada Xenia ia punya DRL LED dan Mobilio punya LED positioning lamp. Mobilio kembali unggul dengan hadirnya pengaturan AC otomatis. Berbeda halnya dengan Ertiga diesel yang memberikan fitur heater pada AC. Selebihnya penumpang cukup dimanjakan karena ketiga kontestan sudah menyediakan double blower.

Unsur keselamatan lengkap juga disuguhkan Honda Mobilio. Dimana ia menyediakan sabuk pengaman 3 titik untuk semua penumpang. Termasuk sistem pengeraman dengan ABS dan EBD yang juga sudah dimiliki Ertiga diesel meski tanpa Brake Assist. Sementara Xenia absen mengaplikasi kelengkapan tersebut. Ia hanya didukung SRS airbag ganda yang notabene jadi kelengkapan standar di Mobilio dan Ertiga Diesel.

Perseteruan selanjutnya terfokus pada teknologi efisiensi mobil. Giliran Ertiga diesel yang unjuk gigi karena jadi satu-satunya kontestan yang memiliki fitur start/stop otomatis. Aktivasi fitur ini berkontribusi besar menghasilkan efisiensi BBM terutama di jalur perkotaan yang banyak berhenti. Sementara Mobilio dan Xenia punya Eco Indicator, Ertiga diesel bertransmisi manual ini dibekali dengan gear shift indicator sebagai bantuan untuk berkendara hemat.

 

Autobild : Situs Berita Otomotif Dan Tes Mobil

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *