Apa Itu Back End Loaded Unit Link?

Anda tentu sering mendengar produk asuransi unit link yang saat ini mayoritas dijual oleh perusahaan asuransi di Indonesia. Pada dasarnya, di Indonesia, terdapat dua jenis produk asuransi unit link yang beredar, yaitu FRONT END LOADED dan BACK END LOADED UNIT LINK. Kedua produk tersebut sama-sama menjanjikan hasil yang maksimal sekaligus proteksi kepada pemegang polis/nasabah. Memang tidak banyak perusahaan asuransi yang memiliki dua produk ini sekaligus. Kebanyakan perusahaan asuransi di Indonesia hanya memiliki produk Front End Loaded Unit Link.

Kemudian, apa beda di antara keduanya? Pada produk Front End Loaded Unit Link, dana nasabah (premi asuransi disetor) tidak langsung masuk ke instrumen investasi reksa dana. Kita ambil contoh di Manulife Indonesia, selama lima tahun pertama, dana nasabah akan terlebih dahulu digunakan untuk membayar biaya akuisisi/pemeliharaan perusahaan asuransi. Dengan demikian, dana nasabah masuk ke perusahaan asuransi. 100% dana nasabah di tahun pertama digunakan untuk membayar biaya akuisisi. Baru setelah tahun kedua, ketiga, keempat dan seterusnya dana yang disetorkan masuk ke berbagai instrumen investasi (ini pun belum 100%). Padahal, seperti yang kita tahu, faktor waktu sangat menentukan imbal hasil investasi.

Baiklah, tidak ada yang salah dengan produk Front End Loaded Unit Link. Tidak dapat dipungkiri kerap terjadi kesalahan pada saat menyusun portofolio investasi. Sebagai catatan, Unit Link bukan merupakan instrumen investasi, ya. Faktor tidak paham dan awam asuransi unit link kadangkala menjadi sebab kesalahan menaruh uang. Tidak ada ikhtiar yang sia-sia, mulai sekarang lebih kritis sebelum mengambil keputusan mau ditaruh dimana uang Anda.

Selanjutnya, kita bahas produk Back End Loaded Unit Link, ya. Dalam produk ini, ketika nasabah membayar premi, perusahaan asuransi berkewajiban untuk langsung menaruh 100% premi disetor tersebut ke berbagai instrumen investasi reksa dana sedemikian rupa sehingga menghasilkan imbal hasil yang maksimal. Jadi, perusahaan asuransi tidak langsung memperoleh biaya akuisisi di depan seperti Front End Loaded Unit Link, melainkan nanti di kemudian hari. Namun jangan lupa nilai tunai polis Anda tetap dikurangi lho.. kan masih ada biaya pertanggungan dasar, pertanggungan tambahan (rider), dan administrasi di produk Back End Loaded Unit Link.

Manulife Indonesia memiliki produk unit link, baik jenis Back End Loaded yaitu MiWealth Assurance dan tentu saja Front End Loaded dengan nama produk sebagai berikut:

  1. Manulife Value Protector Absolute
  2. Manulife Investment Protector (premi tunggal)
  3. Manulife Lifestyle Protector
  4. MiJourney Protection (unit link dengan paket sesuai tahap kehidupan)
  5. Manulife Berkah SaveLink (unit link syariah)

Jika Anda saat ini membutuhkan asuransi dan ingin mendapatkan solusi terbaik untuk kebutuhan asuransi dan kemampuan keuangan Anda, silakan hubungi:

Antonius Vendhi Yuliawan (0819836344 / 08115836344)

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *