Digitalisasi Infrastruktur di Sisi Udara Bandara Soekarno-Hatta

bandara soekarno-hatta

Bandara Internasional Internasional Soekarno-Hatta bakal menjadi smart airport. Salah satunya yang sudah diwujudkan oleh PT Angkasa Pura II (Persero) sebagai pengelolanya adalah pemasangan alat Visual Docking Guidance System (VDGS) di apron Terminal 3.

“VDGS dapat menghemat waktu yang dibutuhkan pesawat dari mendarat hingga merapat atau on block di terminal,” ujar  Muhammad Awaluddin,  Presiden Direktur PT Angkasa Pura II (Persero) dalam siaran pers kemarin (1/3). Dengan demikian, implementasi VDGS dapat memberikan efisiensi bagi maskapai penerbangan dan diharapkan berdampak pada lebih baiknya ketepatan waktu penerbangan (on time performance/OTP).

VDGS dapat memandu pesawat yang baru mendarat untuk secara cepat dan tepat menuju gate sampai ke apron. Dengan sistem ini juga secara otomatis dapat dikenali jenis pesawat, maskapai yang mengoperasikannya, dan kota asal keberangkatan.

Bukan itu saja, VDGS juga mendukung keamanan dan keselamatan di sisi udara seiring dengan akan ditingkatkannya kapasitas landasan pacu hingga dapat melayani 86-100 penerbangan per jam –sekarang sampai 72 penerbangan per jam. “Lama pesawat parkir juga dapat dihitung dengan tepat,” jelas Muhammad Awaluddin.

Baca Juga:

Penerbangan Di Soekarno Hatta Terbanyak Di Asean

Sistem  Navigasi Di Bandara Soekarno Hatta Akan Ditingkatkan

Meningkatnya kualitas dalam memandu pergerakan pesawat di apron Terminal 3 juga dapat mendukung Soekarno-Hatta sebagai bandara transit yang memiliki lebih banyak rute penerbangan internasional ke berbagai negara.

Informasi parkir pesawat juga sudah diimplementasikan secara digital dan dapat diakses melalui aplikasi Indonesia Airports di smartphone. Aplikasi Indonesia Airports merupakan salah satu sumber berbagai informasi penting terkait bandara-bandara di bawah AP II bagi kalangan internal AP II dan masyarakat umum.

Informasi tersebut untuk efisiensi dan efektifitas yang lebih baik dalam penggunaan dan pengaturan jadwal parking stand. Salah satu dampak positifnya adalah menjadi lebih cepatnya pengiriman bagasi dari pesawat ke area pengambilan bagasi di terminal.

Baca Juga:

Bandara Soekarno-Hatta Bangun Gardu Induk Listrik

Soekarno-Hatta Segera Bangun Landasan Pacu Ketiga

“Pengembangan ke arah digitalisasi infrastruktur di airside membuat Bandara Internasional Soekarno-Hatta semakin berperan dalam mendukung pertumbuhan pariwisata dan perekonomian nasional,” papar Muhammad Awaluddin.

The post Digitalisasi Infrastruktur di Sisi Udara Bandara Soekarno-Hatta appeared first on Majalah Angkasa Online.

Majalah Angkasa Online

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *