Ini Dia Film Perang yang Bakal Dirilis Hingga Akhir 2016

Pecinta dunia militer sudah hampir pasti juga mencintai film-film militer dan perang. Walau alur cerita dalam film cenderung hiperbolis, namun tetap saja dinikmati dan menjadi buah bibir di kalangan pencinta dunia kemiliteran.

Setelah digegerkan dengan kehadiran film 13 hours dan Jarhead di semester pertama tahun ini, masih ada beberapa film perang lagi yang bakal dirilis hingga penghujung 2016.

Anthropoid

Pernah dengar Operation Anthropoid yang merupakan misi pembunuhan terhadap petinggi SS Reinhard Heydrich? Kisah operasi yang dilakukan oleh dua orang prajurit militer Cekoslovakia itu akan dirilis bulan Agustus mendatang di AS.

USS Indianapolis: Man of Courage

Film ini rencananya dirilis di akhir Mei lalu namun kemudian tim produksi memutuskan untuk menunda rilisnya. Seperti judulnya, film yang dibintangi oleh Nicolas Cage ini bercerita tentang kisah kapal perang USS Indianapolis yang ditembak oleh kapal selam Jepang di perairan Filipina. Kapal ini sebelumnya dikirim ke perairan Jepang untuk menembakan senjata nuklir. Kisah humanis tentang perjuangan awak kapalnya yang bertahan hidup sangat menarik dan membuat terenyuh.

Billy Lynn’s Long Halftime Walk

Berbeda dengan film-film militer pada umumnya yang hanya mengambil setting di medan perang, film ini justru mengkombinasikan set di medan tempur dengan set acara thanksgiving di AS. Filmnya sendiri bercerita tentang salah satu prajurit US Army bernama Billy Lynn saat ia melakoni tour ke Irak. Sepulangnya dari Irak, Lynn dan beberapa kawan seperjuangan diundang ke acara thanksgiving. Intinya, film ini ingin menuturkan situasi di medan tempur sangat berbeda dengan persepsi kebanyakan masyarakat AS. Film ini disutradarai oleh Ang Lee dan akan dirilis November mendatang.

Operation Chromite

Ini adalah kisah tentang 8 anggota pasukan khusus AL Korea Selatan di masa perang Korea. Saat itu, mereka diperintahkan Jenderal Mc Arthur untuk melakukan infiltrasi ke wilayah Korea Utara dan melaksanakan operasi rahasia, di antaranya menculik Ryu Jang-choon yang menjadi salah satu pejabat tinggi militer Korea Utara, melakukan pengintaian di wilayah Incheon, dan mengaktifkan mercusuar Palmido untuk bantuan navigasi ke pasukan PBB di hari H penyerangan.

Whiskey Tango Foxtrot

Film satu ini bukan bercerita soal suatu kesatuan militer di sebuah medan tempur, melainkan bercerita soal seorang wartawati perang kawakan Kim Barker yang ditugaskan ke medan tempur. Kim ditugaskan ke Afghanistan Chicago Tribune, kantor berita tempatnya bekerja. Film ini merupakan kisah nyata sesuai dengan cerita Kim dalam buku berjudul The Taliban Shuffle yang ia tulis.

The post Ini Dia Film Perang yang Bakal Dirilis Hingga Akhir 2016 appeared first on Majalah Angkasa Online.

Majalah Angkasa Online

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *