Lolos Dari Perang Harga, Citilink Kembali Bukukan Laba

citilink 1

Citilink kembali membukukan laba pada kuartal 3 tahun ini, mengikuti keberhasilan pada kuartal 1 dan 2 lalu. Pada periode bulan Juli- September ini, anak perusahaan Garuda Indonesia tersebut  berhasil meraih laba bersih sebesar 9,96 juta dolar atau setara dengan 129,48 miliar rupiah.

Pencapaian kinerja Citilink ini termasuk luar biasa mengingat persaingan yang ketat pada segmen pasar  LCC di Indonesia di tahun ini. Pada kuartal 1 dan 2, persaingan bahkan sudah mengarah pada perang harga. Terlihat yield (harga rata-rata) penumpang  yang terus turun dan berimbas pada harga tiket yang sangat murah.

Yield penumpang Citilink pada kuartal 3 tahun ini sebesar 6,7 sen dolar AS, turun 2,2 sen dolar AS dibanding periode yang sama tahun lalu. Namun demikian berkat strategi dan kinerja yang baik, akhirnya Citilink bisa mendapatkan keuntungan.

“Kami bisa lolos dari perang harga. Biarpun yield turun, karena kita konsisten menerapkan strategi, akhirnya kita dapat untung juga,” ujar President & CEO Citilink Indonesia Albert Burhan pada Angkasa.

Keuntungan ini juga berkat jumlah penumpang yang diangkut yang meningkat tajam. Jumlah penumpang yang berhasil diterbangkan oleh Citilink sepanjang kuartal 3 tahun 2016 sebanyak 3,06 juta penumpang. Meningkat 21,4 persen jika dibandingkan periode yang sama tahun 2015 sebanyak 2,52 juta penumpang.

Frekuensi penerbangan Citilink juga meningkat sebesar 21,5 persen dari 17.113 penerbangan pada kuartal 3 tahun 2015 menjadi 20.791 penerbangan pada periode yang sama tahun ini. Sementara rata-rata tingkat keterisian kursi (Seat Load Factor – SLF) sebesar 82,3 persen.

Selain itu, Albert menambahkan bahwa strategi untuk memperkuat pertumbuhan kargo dan ancillary revenue untuk mengimbangi persaingan harga di pasar penumpang sangat berhasil. Ini terbukti dengan meningkatnya pendapatan ini sebesar 51,2 persen dari USD 4,3 juta ke USD 6,4 juta pada kuartal 3 tahun 2016. Sedangkan pendapatan dari excess baggage dan lainnya naik 28,8 persen dari USD 3,3 juta ke USD 4,2 juta pada periode yang sama.

Hingga saat ini Citilink telah mengoperasikan 41 unit pesawat Airbus A320, atau  5 unit lebih banyak dari tahun 2015.

 

The post Lolos Dari Perang Harga, Citilink Kembali Bukukan Laba appeared first on Majalah Angkasa Online.

Majalah Angkasa Online

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *