Marsekal Muda TNI Yuyu Sutisna Jabat Pangkohanudnas

pangkohanudnas

Marsekal Muda TNI Yuyu Sutisna mulai hari (Selasa, 28/2/2017) ini resmi menjabat sebagai Panglima Komando Pertahanan Udara Nasional (Pangkohanhudnas), menggantikan pejabat sebelumnya, Marsekal Muda TNI Abdul Muis yang dipromosikan menjadi Direktur Jenderal Perencanaan Pertahanan Kementerian Pertahanan RI.

Panglima TNI Jendral TNI Gatot Nurmantyo yang bertindak sebagai inspektur upacara dalam serah terima Jabatan itu dalam amanatnya mengatakan, Kohanudnas sebagai bagian integral dari TNI, bertugas menyelenggarakan upaya pertahanan keamanan terpadu atas wilayah udara nasional. Baik dilakukan secara mandiri maupun bekerjasama dengan komando utama operasional lainnya, dalam rangka mewujudkan kedaulatan dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Serta menyelenggarakan pembinaan adminstrasi dan kesiapan operasi unsur-unsur pertahanan udara TNI Angkatan Udara dan melaksanakan siaga operasi dalam jajarannya dalam rangka mendukung tugas pokok TNI,” imbuh Gatot.

Menurut Gatot, Pergantian jabatan Pangkohanudnas memiliki arti penting, karena sangat berkaitan dengan proses kesinambungan pembinaan secara utuh dan menyeluruh, baik pembinaan personil serta regenerasi dan kaderisasi kepemimpinan ujarnya.

Lebih lanjut Gatot mengatakan, setiap pergantian pejabat diharapkan adanya penajaman visi dan misi untuk menjamin kosistensi serta kesinambungan kebijakan yang telah ada, dalam rangka peningkatan peran, fungsi, tugas pokok dan tugas-tugas organisasi, agar mampu menghadapi tantangan tugas dihadapkan dengan perkembangan lingkungan strategis yang semakin pesat.

Dalam kesempatan itu Gatot juga mengatakan bahwa keberhasilan dalam pencapaian tugas Kohanudnas, sangat tergantung kepada kemampuan, kekuatan, dan pola gelar yang dilaksanakan. Untuk itu, kata Gatot, pembangunan pertahanan udara nasional mulai dilaksanakan secara bertahap.

“TNI akan menambah alutsistanya baik radar, pesawat tempur sergap, rudal jarak sedang maupun senjata penangkis serangan udara (PSU),” tegas Panglima.

Dengan penambahan alutsista ini, Gatot mengharapkan Kohanudnas semakin memiliki kempuan menjaga dan mengawasi seluruh wilayah udara di sepanjang perbatasan dengan negara-negara lain serta jalur lalu lintas laut yang padat dan rawan.

Yuyu yang sebelumnya menjabat sebagai Panglima Komando Operasi TNI Angkatan Udara (Pangkoopsau) I Jakarta ini merupakan alumni AAU 1986. Sedangkan Marsda TNI Abdul Muis merupakan alumni AAU 1985.

The post Marsekal Muda TNI Yuyu Sutisna Jabat Pangkohanudnas appeared first on Majalah Angkasa Online.

Majalah Angkasa Online

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *