Setelah Dinyatakan Hilang 2 Pekan, Pilot Penerbad Selamat

Helikopter Bell 412EP milik Puspenerbad. Sumber gambar: Remigius Septian

Salah satu penerbang helikopter angkut Bell 412EP milik Pusat Penerbangan TNI AD (Puspenerbad) Lettu Cpn Yohanes Syahputra ditemukan masih selamat, Kamis (8/12/2016). Sebelumnya, Yohanes telah dinyatakan hilang oleh tim SAR saat mengevakuasi pesawat nahas itu.

Kabar ditemukannya Yohanes disampaikan oleh Kepala Dinas Penerangan TNI AD Brigjen Sabrar Fadhilah. Ia mengatakan, masyarakat sekitar lah yang berhasil menemukan korban di sekitar jalan Desa Long Sulid ke Desa Long Berang.

“Alhamdulillah, kita bersyukur atas karunia Tuhan, hari ini 8 Desember 2016 sekitar pukul 15.20 Wita, telah ditemukan salah satu penumpang Helly Bell 412 EP No Reg 5166 yang jatuh di sekitar kawasan Malinau, Lettu Cpn Yohanes Syahputra,” ujar Sabrar dalam rilisnya.

Saat ditemukan oleh warga sekitar, kondisi Yohanes cenderung baik. Ia hanya menderita luka ringan di tangan, pinggang, dan kaki. Yohanes juga terlihat lemas lemas karena kurang makan.

Sabrar menyebutkan, saat ini Yohanes tengah dibawa dari Desa Long Sulid ke Tarakan oleh satuan kewilayahan untuk mendapat perawatan medis.

“Terima kasih atas perhatian, bantuan, dan doa dari masyarakat, rekan-rekan media, serta semua unsur yang telah membantu,” ujar Sabrar.

Seperti diberitakan sebelumnya, helikopter Bell 412EP Puspenerbad hilang kontak di sekitar wilayah pegunungan di Malinau, Kalimantan Utara, pada 24 November 2016 lalu. Saat itu Bell 412EP tersebut menjalankan tugas untuk mendukung logistik petugas TNI yang bertugas menjaga daerah perbatasan negara.

Dengan ditemukannya Yohanes, berarti total terdapat dua korban selamat. Sebelumnya, Lettu CPN Abdi Darmain telah ditemukan lebih dulu dan saat ini masih dalam masa pemulihan dari cedera.

Bell 412EP nahas ini dalam manives penumpang membawa lima awak. Tiga awak lainnya atas nama Lettu Cpn Ginas Sasmita Aji, Sertu Bayu Sadeli Putra, dan Praka Suyanto dinyatakan tewas.

The post Setelah Dinyatakan Hilang 2 Pekan, Pilot Penerbad Selamat appeared first on Majalah Angkasa Online.

Majalah Angkasa Online

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *