Y-20 Kunpeng Pertama Pesanan PLAAF Tiba di Chengdu

Diberitakan Angkatan Udara China (PLAAF) baru lalu menerima pesawat pertama dari lebih 1.000 pesawat angkut berat strategis Y-20 dari Xian Aircraft Corporation (XAC). Sejumlah sosial media China melaporkan bahwa pengiriman pesawat dengan nomor 11051 dan 11052 ke Pangkalan Udara Chengdu-Qionglai dilakukan pada 15 Juni. Sementara ini tidak ada keterangan resmi dari pemerintah.

Sebelumnya diberitakan bahwa penerbangan perdana prototipe Y-20 dilakukan pada awal tahun ini. Sementara bekas pilot uji China, Xu Yongling pada Januari lalu mengatakan bahwa Y-20 telah menyelesaikan developmental testing pada akhir 2015.

Sebelum kedatangan pesawat pertama yang mirip C-17 Globemaster ini di Chengdu, media pemerintah China melaporkan bahwa PLAAF butuh lebih dari 1.000 Y-20 untuk meningkatkan kemampuan angkut strategisnya.

Meski tidak ada penjelasan resmi dari pabrikan tentang spesifikasi Y-20, sejumlah media lokal mengatakab bahwa dengan empat mesinnya, Y-20 mempunyai payload sekitar 66 ton atau 51 ton dengan jangkauan terbang 5.200 km. Y-20 juga terlihat tidak memiliki kemampuan pengisian bahan bakar di udara.

Sejauh ini diketahui bahwa injinir Antonov dari Rusia dan Ukraina menjadi konsultan desain di program Y-20, yang menghasilkan penampakan serupa Y-20 dengan Antonov An-70 yang maish menggunakan mesin turboprops.

Xian Y-20 merupakan pesawat angkut militer berukuran besar. Proyek dikembangkan oleh Xian Aircraft Corporation dan secara resmi diluncurkan pada 2006. Secara resmi sebutan pesawat ini Kunpeng, diambil dari nama burung dalam legenda China kuno yang mampu terbang sejauh ribuan kilometer. Namun di dalam lingkungan industri dirgantara China, pesawat ini lebih dikenal umum dengan julukan Chubby Girl dikarenakan lebar badannya menyerupai pesawat ayng sebelumnya dikembangkan China.

Pesawat yang diserahkan pada 15 Juni ini, dioperasikan oleh 12th Regiment dari 4th Transport Division di Chengdu/Qionglai.

The post Y-20 Kunpeng Pertama Pesanan PLAAF Tiba di Chengdu appeared first on Majalah Angkasa Online.

Majalah Angkasa Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *