Aktivis Turki Bobol Ribuan Akun Twitter Terkenal, Justin Bieber Dicap Nazi

Ilustrasi peretasan Twitter

Ribuan akun Twitter, termasuk akun milik figur publik, media massa, dan lembaga kemanusiaan, dibobol oleh pihak yang diduga sebagai aktivis Turki yang mendukung Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, Rabu (15/3).

Beberapa akun ternama yang menjadi korban antara lain akun resmi milik bintang pop Justin Bieber, mantan petenis Boris Becker, klub sepak bola Borussia Dortmund, World Meteorological Organization, Blockchain, Amnesti Internasional, UNICEF, dan Kementerian Kesehatan Inggris.

Peretas memasang gambar background bendera Turki pada akun-akun Twitter itu, kemudian mencuitkan tweet berisi simbol swastika (simbol yang digunakan Adolf Hitler dan Nazi di Jerman), disertai dua hashtag tentang Nazi Jerman dan Nazi Belanda serta tautan video propaganda pro-Erdogan.

Peretasan ini dilakukan lewat celah keamanan pada Twitter Counter, layanan analitik pihak ketiga yang digunakan oleh akun-akun tersebut.

Omer Ginor (CEO, Twitter Counter) menyatakan, “Kami menyadari situasi ini dan telah memulai investigasi terhadap masalah ini.”

Ginor melanjutkan, “Kami telah melakukan tindakan untuk meredam penyalahgunaan akun-akun pengguna kami, dengan memblokir kemampuan mengirim tweet lewat sistem kami dan mengganti key aplikasi Twitter kami.”

Terkait Politik

Aksi peretasan ini ditengarai terkait ketegangan politik yang memanas antara Pemerintah Turki dan Pemerintah Belanda dan Jerman.

Pekan lalu, Pemerintah Belanda menuduh Erdogan sebagai “Pengikut Nazi dan Fasis” serta melarang menteri asal Turki untuk berkunjung ke konsulat Turki di Rotterdam. Erdogan pun balas mengancam bahwa Belanda harus “membayar” aksi tersebut.

Pada 16 April nanti, Erdogan akan menggelar referendum untuk menambah masa kekuasaannya sebagai presiden, mengingat masa bakti presiden Turki itu sudah habis.

InfoKomputer Online

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *