Direct Release: Lewat Kampanye #SelaluTauMusik, Google Luncurkan Pengalaman Baru Telusuri Informasi Seputar Musik di Indonesia

Foto 5

Jakarta, 7 Maret 2017 ━ Aplikasi mesin pencari Google atau Google App kembali meluncurkan inovasi dan kemudahan menelusuri informasi sesuai minat masyarakat Indonesia. Lewat kampanye bertajuk #SelaluTauMusik, hari ini Google memperkenalkan dua fitur terbaru di Google App untuk membantu masyarakat Indonesia menemukan informasi seputar musik dengan lebih mudah dan cepat. Fitur pertama berupa knowledge panel yang didesain untuk menampilkan berbagai informasi yang paling banyak dicari netizen terkait musisi, album, dan lagu, sementara fitur kedua dikembangkan bagi para musisi dan publik figur lainnya di Indonesia untuk bisa menerbitkan informasi secara real time di hasil penelusuran Google terkait mereka.

“Musik adalah salah satu topik yang paling banyak ditelusuri orang Indonesia di Google, seperti misalnya lirik lagu, judul lagu, dan terutama informasi seputar musisi favorit mereka. Fitur ini kami kembangkan untuk Indonesia agar Anda bisa menemukan informasi yang lengkap dengan lebih cepat melalui ponsel,” kata Mira Sumanti, Search Marketing Manager, Google Indonesia.

Knowledge panel pertama dikembangkan agar netizen tak lagi harus menelusuri banyak tautan untuk mendapatkan jawaban dari pertanyaan mereka di Google. Dengan peluncuran hari ini, netizen bisa mendapatkan informasi yang lebih detail seputar musisi dan lagu yang mereka cari, serta menemukan lirik lagu secara langsung di dalam Google App.

Anji, musisi Indonesia yang tahun lalu menempati urutan pertama YouTube Rewind Indonesia dengan tembang “Dia”, juga turut hadir mendukung kampanye #SelaluTauMusik ini. “Musik adalah hidup saya. Informasi yang saya dapatkan di Google kadang membantu saya mendapatkan inspirasi dalam membuat karya, dan fitur ini tentu akan membuat semua lebih mudah. Saya yakin masyarakat Indonesia juga akan merasa terbantu, misalnya saat mereka akan sing along dan butuh lirik dari Google!” ujar Anji.

Fitur lain yang dapat ditemukan di dalam Google App mulai hari ini adalah fitur yang memungkinkan figur publik maupun organisasi resmi yang telah diverifikasi untuk menulis post di hasil penelusuran Google. Dapat berupa teks, gambar, atau video, post ini bisa dimanfaatkan musisi untuk menerbitkan informasi yang up-to-date kepada penggemar yang tengah menelusuri informasi tentang mereka di Google. Musisi, label musik, penyelenggara konser, maupun entitas lain yang tertarik untuk mencoba fitur ini dapat mengunjungi posts.withgoogle.com.

Iwan Fals, musisi legendaris Indonesia yang saat ini tengah melakukan tur konser di 9 kota, menyambut baik peluncuran fitur terbaru ini. “Saya tahu pasti kalau penikmat musik di Indonesia kerap memanfaatkan Google untuk mencari kabar terbaru seputar artis favorit mereka. Sekarang kita sebagai musisi bisa langsung memberikan informasi yang mereka inginkan di halaman pertama Google, jadi lebih cepat dan praktis buat kita semua. Misalnya, saya akan memberikan jadwal konser saya yang berikutnya lewat post di Google ini.”

Pengalaman baru menelusuri musik di Google App ini adalah satu dari rencana Google di tahun 2017 untuk terus mengembangkan inovasi yang relevan bagi minat penelusuran masyarakat Indonesia. “Selain musik, orang Indonesia juga mengandalkan Google untuk mencari informasi tentang travel, makanan, dan entertainment. Fokus kami adalah terus memberikan pengalaman menelusuri informasi yang lebih baik, lebih mudah, dan lebih cepat bagi masyarakat Indonesia, menggunakan teknologi terbaik yang dimiliki Google,” kata Veronica Utami, Head of Marketing, Google Indonesia.

Kampanye ini mengajak deretan musisi dan selebriti terfavorit di Indonesia untuk #SelaluTauMusik bersama Google App. Jadi yang pertama melihat keseruan mereka dengan mengikuti Google Indonesia di Twitter dan Facebook, dengan tagar #SelaluTauMusik. Video mengenai salah satu fitur musik dapat dilihat di sini.

Jagat Review

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *