F5 Networks: Keamanan Harus Menjadi Prioritas Pada Aplikasi Layanan

Fetra-Syahbana

Era digital yang terus berkembang pesat telah menuntut pola bisnis layanan perusahaan harus berubah dan bergerak lebih cepat. Salah satu solusi dalam memenuhi tuntutan tersebut adalah dengan menyediakan aplikasi layanan yang dapat diakses lebih cepat, cerdas dan aman. Namun sayangnya, faktor keamanan dalam menyediakan aplikasi layanan selalu luput dari perhatian para perusahaan saat memasuki era digital yang lebih canggih, khususnya di era cloud computing seperti sekarang ini.

Fetra Syahbana, selaku Country Manager Indonesia untuk F5 Networks, menjelaskan bahwa tingkat impelementasi cloud di era sekarang ini telah tumbuh sangat cepat. Sayangnya, baik perusahaan maupun lembaga pemerintahan dalam menyajikan aplikasi layanan berbasis cloud lebih mengutamakan kecepatan.

Semakin cepat dan mudah pada sebuah aplikasi layanan tersebut diakses, maka semakin mudah pula ancaman yang dapat menyerang ke aplikasi layanan tersebut“, Ungkap Fetra Syahbana. Oleh sebab itu, perusahaan harus memiliki sistem yang bisa mendeteksi sedini mungkin akan munculnya ancaman kemananan. Karena hampir sebagian yang diserang adalah para pelanggan yang merupakan pengguna aplikasi layanan melalui internet.

F5 Networks menyatakan, berdasarkan hasil survei yang mereka peroleh bahwa permintaan keamanan pada sebuah aplikasi layanan saat ini telah meningkat. Sebagian besar perusahaan sudah mulai menyadari dan memprioritaskan perihal keamanan sebelum melakukan implementasi ke cloud.

Di era multi-cloud seperti sekarang ini, terdapat empat dari lima responden telah mengadopsi hybrid-cloud, dan hampir sepertiganya (32%) responden menyatakan bahwa mereka akan membeli solusi IaaS public cloud di tahun ini. Semakin banyak aplikasi yang digunakan di sebuah perusahaan, maka semakin besar juga motivasi untuk menuai keuntungan operasional dari cloud.

Begitu pula permintaan akan layanan-layanan aplikasi keamanan juga turut meningkat dengan pesat. Perlindungan tersebut meliputi beberapa sistem antara lain WAF (Web Application Firewall) dan DNSSEC (Domain Name System Security Extension)  serta kesiapan dalam menghadapi serangan DDoS (Distributed Denial of Services).

Jagat Review

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *