Fabrikasi 10 nm Masih Belum Matang

Awal tahun 2017 ini, beberapa SoC dengan fabrikasi 10 nm disebut akan siap digunakan di perangkat mobile. Beberapa produsen SoC memang sudah sejak beberapa bulan lalu mengumumkan SoC 10 nm pertama mereka, seperti Qualcomm dengan Snapdragon 835, Samsung dengan Exynos 8895, serta MediaTek dengan Helio X30. Sayangnya, SoC-SoC itu tampaknya akan diproduksi dengan teknologi yang belum matang.

Fabrikasi 10 nm Masih Belum Matang

Masih Jauh dari Harapan

Fabrikasi 10 nm disebut masih belum matang, masih jauh di bawah yang diharapkan. Hal ini memang tidak terkait dengan kualitas SoC jadi hasil fabrikasi 10 nm, tetapi lebih ke yield, atau hasil produksi. Menurut beberapa pihak jumlah SoC jadi yang bisa didapatkan dari proses produksi masih belum memuaskan, sehingga mengakibatkan SoC 10 nm masih cukup langka.

Kabar ini sendiri memang tidak terlalu mengejutkan bila melihat apa yang terjadi beberapa waktu belakangan ini. LG menawarkan smartphone premium baru mereka, G6, “hanya” dengan SoC premium generasi sebelumnya, Snapdragon 821, bukan Snapdragon 835. MediaTek juga disebut mengurangi pesanan chip Helio X30 mereka. Selain itu, Samsung menunda rilis Galaxy S8 ke bulan April 2017. Hal-hal tersebut ada kaitannya dengan tingkat produksi chip 10 nm yang masih belum mencapai tahap memuaskan.

Belum Bawa Keuntungan Pabrik

Masih menurut kabar yang sama, masih rendahnya yield dari fabrikasi 10 nm membuat pabrik masih belum bisa mendapatkan keuntungan dari lini produksi ini. Walaupun begitu, perlahan, pabrik chip, seperti TSMC dan Samsung, akan bisa meningkatkan kemampuan produksi 10 nm mereka, sehingga menghasilkan yield yang lebih baik. Peningkatan yang cukup signifikan diprediksi akan mulai terjadi kuartal ketiga tahun 2017 ini.

Jagat Review

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *