Gantikan Samsung, Foxconn Bangun Pabrik Layar LCD TV

Foxconn akuisisi Sharp

Foxconn akuisisi Sharp

Foxconn akuisisi Sharp

Pabrikan teknologi Foxconn akan membangun pabrik senilai USD 8,8 miliar atau sekitar Rp117 triliun untuk memproduksi liquid crystal display (LCD) berukuran besar di sebelah selatan Guangzhou, Tiongkok.

“Kami memiliki pemerintah yang mengerti bagaimana mendukung dan menciptakan teknologi baru yang efisien. Soal rencana berinvestasi di AS, saya belum tahu,” kata Terry Gou (President Foxconn) seperti dikutip Reuters.

Saat ini Foxconn telah mempekerjakan sebanyak 1 juta orang di pabriknya di Tiongkok dan telah beroperasi di lebih dari 10 negara. Rencananya, pabrik LCD itu akan beroperasi di 2019.

Di AS, Foxconn memiliki pabrik di Virginia untuk pengemasan dan engineering yang mempekerjakan lebih dari 400 orang. Nantinya, Foxconn dan Sharp yang akan mengoperasikan pabrikan LCD terbaru itu, mengingat Foxconn menguasai 66 persen saham Sharp.

Pabrik itu akan memenuhi permintaan pasar televisi berukuran besar di Asia yang disebut terus meningkat. Selain itu, pasokan LCD cukup tersendat setelah Samsung menutup pabriknya yang memasok sekitar 3 persen dari total pasar LCD.

Samsung pun akan fokus memproduksi panel layar OLED yang lebih mahal tetapi bisa menghasilkan warna yang lebih indah.

Selain Sharp dan Foxconn, ada juga BOE Technology Group yang merupakan produsen panel LCD terbesar di Tiongkok. Ada juga Shenzhen China Optoelectronics Tehcnology yang mulai membangun pabrik LCD senilai 50 juta yuan.

InfoKomputer Online

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *