iPhone 6s Rakitan Sendiri Hanya Rp4 Juta, Tertarik?

Scotty Allen dengan iPhone 6s Rakitannya sendiri

Harga iPhone 7 termasuk mahal karena Apple tidak hanya membebankan ongkos produksi tetapi biaya lainnya seperti riset dan pemasaran. Untuk Anda yang menginginkan iPhone dengan harga terjangkau, Anda bisa merakitnya sendiri sesuai selera Anda.

Seorang YouTuber bernama Scotty Allen melalui channel YouTube-nya Strange Parts merakit iPhone 6s 16 GB rancangan sendiri di pasar Huaqiangbei, Shenzhen, Provinsi Guangdong, Tiongkok.

Allen pun menanyakan orang-orang sekitar dimana tempat untuk merakit iPhone. Kemudian, ia mendapatkan informasi untuk membeli beberapa komponen di Huaqianbei. Allen pun menyusuri pasar untuk membeli komponen.

Ada empat komponen utama yang ia beli, yakni layar, baterai, papan chipset, serta baterai. Ia sengaja merakit iPhone 6s karena smartphonenya sekarang adalah iPhone 6s. Hal itu membuat ia lebih mudah membandingkan iPhone rakitannya dengan iPhone yang ia beli di toko komersil.

Selain itu, komponen iPhone 7 sulit didapat di toko-toko karena masih baru dan smartphone flagship itu baru meluncur pada September 2016 atau kira-kira enam bulan lalu.

Allen ketika merakit iPhone 6s-nya

Memang, komponen-komponen yang Allen bukanlah komponen terbaik. Ia membeli layar yang rusak lantas ia bongkar dan dipasang kembali dengan bagian baru.

Allen juga tak bisa menyolder sendiri papan chipset-nya dengan komponen-komponen yang terpisah-pisah. Hasilnya, ia membeli papan chipset yang sudah jadi dan lengkap dengan sensornya.

Baterai adalah komponen yang paling gampang diperoleh, bahkan harganya sangat murah yakni 5 dollar AS atau sekitar Rp66.000-an.

Dengan merakit iPhone secara amatir, Allen mengakui ia membuang banyak uang untuk membeli iPhone resmi senilai USD 1.000 atau sekitar Rp 13 jutaan. Padahal, biaya membuat iPhone 6s rakitan saja hanya USD 300 atau sekitar Rp4 juta.

“Saya harus harus mengeluarkan USD 1.000 untuk sebuah iPhone baru. Padahal, komponen-komponen yang saya perlukan hanya USD 300,” katanya seperti dikutip CNET.

Dengan menghabiskan USD 300, Allen sudah mendapatkan sebuah iPhone 6s 16 GB rakitan, harganya lebih miring daripada aslinya. Saat ini harga iPhone 6s 16 GB di pasaran sekitar 549 dollar AS atau kira-kira Rp7,3 jutaan.

Anda bisa hemat Rp2 jutaan. Tertarik?

InfoKomputer Online

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *