Jagat Gadget Awards 2016: Best Smartphone Rp. 2-3 Jutaan

Setelah kemarin kami sajikan Jagat Gadget Awards 2016 untuk kategori Best Smartphone dalam rentang harga Rp 6-8 juta, kini saatnya kami hadirkan penghargaan untuk Best Smartphone di rentang harga yang jauh lebih terjangkau, yakni di Rp 2-3 juta.

Jagat Gadget Awards 2016: Best Smartphone Rp. 2-3 Jutaan

Rentang harga 2-3 juta sendiri saat ini sudah semakin memiliki pilihan yang lebih menarik dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Tak hanya itu, smartphone-smartphone di rentang harga ini bisa dibilang semakin mendekati performanya seperti smartphone kelas menengah, walau umumnya smartphone di rentang harga ini seharusnya masih masuk dalam jajaran smartphone kelas entry.

Agak sedikit sulit untuk menentukan smartphone apa saja yang menurut kami terbaik di tahun 2016 kemarin dengan rentang harga 2-3 jutaan, mengingat masih banyaknya berbagai brand smartphone yang masuk secara tidak resmi atau belum memenuhi TKDN sepenuhnya. Dari berbagai pilihan yang ada, berikut kami sajikan jajaran smartphone terbaik di rentang harga 2-3 juta menurut versi Jagat Gadget:

Infinix Zero 3 (GOLD)

Infinix-Zero-4

Walau secara teknis smartphone ini sudah dikenalkan lebih dulu di akhir tahun 2015 lalu, akan tetapi secara resminya Infinix Zero 3 X552 ini baru diperjual belikan pada bulan Februari 2016 kemarin sehingga kami bisa memasukkan smartphone ini dalam daftar awards kali ini.

Infinix Zero 3 sendiri merupakan smartphone yang kamera utamanya diunggulkan, di mana kamera utamanya menggunakan sensor kamera Sony IMX230 CMOS dan resolusi 20.7 megapixel berkombinasi dengan lensa 6P Lagan untuk membuat hasil jepretan masih tajam dan jernih walau ketika di-crop atau diperbesar sekalipun. Kamera utama juga didukung dengan Dual-Color LED Flash untuk memberikan warna lebih dingin atau hangat dengan kalibrasi otomatis untuk pencahayaan 6000K hingga 2300K, sehingga pengguna bisa mendapatkan hasil foto dengan nuansa natural dalam berbagai jenis pencahayaan dan lingkungan. Kamera utamanya juga memiliki dukungan 192 PDAF yang membuat pengguna hanya butuh waktu 0.1 detik untuk mengambil gambar secara auto dalam kondisi pencahayaan apapun.

Smartphone ini memiliki layar 5.5 inch dengan resolusi 1080 x 1920 pixel dengan kualitas 400ppi 1080p display. Layarnya sendiri memiliki IPS 178 derajat dengan view angle yang lebar, serta dilapisi dengan Corning Gorilla Glass 3 untuk membuatnya lebih tahan terhadap debu dan goresan. Dapur pacu dari Infinix Zero 3 ini sendiri menggunakan prosesor octa-core MediaTek Helio X10 64-bit 2.1GHz dengan PowerVR G6200 700MHz sebagai GPU-nya, RAM 3GB dan internal storage dengan pilihan antara sebesar 16GB atau 32GB, yang bisa ditambahkan hingga 128GB dengan menggunakan microSD tambahan. Sebagai pelengkap, Infinix Zero 3 juga telah berjalan di Android 5.1 Lollipop dengan XUI, serta berkapasitas baterai 3030mAh. Infinix Zero 3 saat ini tersedia dengan kisaran harga Rp 2.999.000

Kelebihan:

+ Sensor Sony IMX230 (20 MP)

+ Autofocus yang responsif

+ Pro Mode pada kamera

+ Dukungan 4G LTE dan Dual SIM card

+ Mampu merekam video 4K

+ Performa cukup tinggi untuk kelas harganya

+ Desain cantik, tidak meniru produk lain

Lenovo Vibe K4 Note (SILVER)

Vibe-K4-Note

Tahun 2016 bisa dibilang merupakan tahun di mana Virtual Technology (VR) mulai semakin marak berkembang. Lenovo sendiri melihat hal ini sebagai sebuah kesempatan, dengan mempersiapkan sebuah inisiatif yakni smartphone yang telah didesain sedemikian rupa untuk bisa memberikan sebuah pengalaman VR kepada penggunanya lewat Lenovo Vibe K4 Note.

Fitur utama yang diunggulkan pada Lenovo VIBE K4 Note adalah teknologi TheaterMax, di mana teknologi ini memungkinkan pengguna untuk bisa langsung menggunakan teknologi VR secara otomatis, bahkan pada UI utamanya sekalipun. Pengguna tinggal memencet tombol power cukup lama, kemudian opsi mengaktifkan Mode VR akan muncul. Oleh karena itu, sensor yang ditanamkan pada smartphone ini juga tergolong bervariasi seperti accelerometer, gyro, proximity, dan compass.

Lenovo VIBE K4 Note memiliki layar 5.5 inch beresolusi 1080 x 1920 pixel 401ppi IPS dengan body-to-ratio sebesar 71 persen, membuat bezel (bingkai) smartphone cukup tipis dan layarnya menjadi terlihat lebih besar. Layar utamanya telah dilapisi dengan Corning Gorilla Glass 3 yang membuatnya tahan terhadap goresan. Lenovo VIBE K4 Note dipersenjatai dengan prosesor octa-core MediaTek MT6753 Cortex-A53 1.3GHz dengan GPU Mali-T720MP3, RAM 3GB dan kapasitas internal 16GB yang bisa ditambahkan hingga 128GB dengan microSD card.

Kamera utama beresolusi 13 megapixel dengan fitur PDAF (Phase Detection Autofocus) dan dilengkapi Dual-color LED flash. Kamera utama ini juga mampu merekam video 1080p di 30fps. Sementara kamera selfie (depan) beresolusi 5 megapixel fixed focus. Dukungan lain yang juga dimiliki oleh smartphone ini antara lain seperti konektivitas 4G LTE, NFC, audio Dolby Atmos, Dual SIM card hingga fitur Fingerprint. Lenovo VIBE K4 Note memiliki kapasitas baterai Li-Po 3300mAh dan berjalan di OS Android 5.1 Lollipop. Saat ini Lenovo Vibe K4 Note dipasarkan dengan kisaran harga Rp 2.399.000

Kelebihan:

+ Desain ergonomis

+ 4G LTE

+ Dual SIM Card

+ RAM 3GB

+ Fingerprint

+ NFC

+ Teknologi TheaterMax (VR)

+ Sensor lengkap

 

Vivo V3 (SILVER)

VIVO-V3

Sebelum menghadirkan produk “Perfect Selfie” V5, Vivo sempat menghadirkan beberapa jenis produk seri V yang lainnya juga. Salah satunya adalah produk Vivo V5, yang mengunggulkan RAM besar juga fitur Fingerprint yang berespon cepat. Salah satu fitur unik yang ditawarkan juga dalam Vivo V3 ini juga terdapat dari OS Funtouch berbasis Android yang disematkan dalam smartphone, di mana smartphone ini adalah salah satunya yang memiliki fitur split screen. Sehingga, pengguna bisa membuka dua aplikasi dan saling berdampingan sekaligus untuk produktivitas yang lebih tinggi.

Vivo V3 memiliki layar 5.0 inch resolusi 720 x 1280 pixel IPS, dipersenjatai dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 616 1.5GHz dengan GPU Adreno 405, RAM 3GB dan kapasitas storage 32GB yang bisa ditambahkan hingga 128GB. Kamera utama beresolusi 13 megapixel yang telah dilengkapi LED flash, sementara kamera depannya beresolusi 8 megapixel.

Hal yang juga menjadi keunggulan utama di smartphone ini adalah teknologi Hi-Fi yang menggunakan chip AK4375 Hi-Fi. Dengan SNR 105dB yang sudah teruji dan tingkat distorsi -97dB, maka pengguna juga dapat menikmati suara yang lebih jernih serta halus. Ini menjadikan Vivo V3 pilihan terbaik bagi pengguna yang menginginkan produk dengan teknologi audio Hi-Fi di harga 2-3 juta. Sensor seperti gyro dan accelerator juga tergolong lengkap pada seri ini, juga sudah dilengkapi konektivitas 4G LTE. Vivo V3 menggunakan Funtouch OS berbasis Android 5.1 Lollipop, serta memiliki kapasitas baterai 2550mAh. VIVO V3 dibanderol dengan harga Rp 2,599.000

Kelebihan:

+ RAM besar

+ Internal storage besar

+ Fingerprint sensor

+ Fitur Split Screen

+ Sensor lengkap

+ Teknologi Hi-Fi

Huawei GR5 (HONORABLE MENTION)

Huawei-GR-5

Tahun 2016 lalu, Huawei kembali menghadirkan produk smartphone miliknya di pasar Indonesia secara resmi. Produk yang pertama kali dihadirkan tahun lalu salah satunya adalah produk Huawei GR5, di mana seperti para kompetitor lainnya, smartphone yang satu ini juga menyuguhkan kecepatan Fingerprint sensor yang baik yakni sekitar 0.5 detik saja, dan dipromosikan sebagai “King of Fingerprint”.

Tentu saja Huawei tidak asal saja ketika menyuguhkan kalimat promosi tersebut. Fungsi Fingerprint dari GR5 ini sendiri dapat digunakan untuk kebutuhan lain. Menyentuh sebentar akan membawa ke menu sebelumnya. Menyentuh lama akan membuatnya kembali ke ‘Home’. Bahkan, Anda bisa memotret dengan menyentuh sensor finger print. Dengan kata lain, sensor Fingerprint ini tidak dipergunakan hanya semata untuk membuka kunci layar smartphone semata.

Huawei GR5 hadir dengan layar 5.5 inch resolusi FHD, dipersenjatai prosesor octa core Qualcomm Snapdragon 616, RAM 2GB dan kapasitas storage internal 16GB. Kamera utamanya beresolusi 13 megapixel dengan Autofocus, sementara kamera depannya beresolusi 5 megapixel dengan Fixed Focus. Sementara untuk dukungan lainnya, GR5 memiliki konektivitas yang mendukung hingga 4G LTE, Wi-Fi 802.11 b/g/n (2.4GHz only), serta Bluetooth 4.1. Huawei GR5 ini menggunakan Emotion UI 3.1 yang berbasis Android 5.1 Lollipop, serta berkapasitas baterai 3000mAh. Huawei GR 5 dibanderol dengan harga Rp 2.499.000

Kelebihan:

+ Daya tahan baterai terbaik untuk kelas SoC dan ukuran baterainya

+ Bodi full metal

+ Kamera bagus, Autofokus yang cukup cepat dan akurat di ruang dengan pencahayaan rendah

+ Fingerprint cepat, termasuk fungsi shortcut

+ Performa yang baik untuk kelas SoC yang digunakan, meskipun RAM hanya 2GB

Jagat Review

Leave a Reply

One thought on “Jagat Gadget Awards 2016: Best Smartphone Rp. 2-3 Jutaan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *