MSI CES 2017 Press Conference Part 1: Gaming Notebook

msices2017ed_01 

Pada ajang CES 2017 di Las Vegas, MSI mengadakan sebuah press conference untuk memamerkan berbagai produk dan teknologi terbaru besutan mereka. Tajuk “Best Meets Best, Reach New Heights” disini digunakan MSI untuk menunjukkan bahwa kombinasi komponen terbaru dan juga beragam pengembangan lebih lanjut dari MSI dapat memberikan gaming experience yang lebih memukau dari produk generasi sebelumnya.

msices2017ed_01b

Komponen yang dimaksud tersebut tidak lain adalah prosesor Intel Core 7th Gen ‘Kaby Lake’, dan juga GeForce GTX 10 Series.

Gaming: Bisnis Serius Berpotensi Tinggi

msices2017ed_04

msices2017ed_03

Acara diawali MSI dengan sebuah pernyataan bahwa industri PC gaming makin hari makin berkembang, dan menunjukkan potensi bisnis yang luar biasa bagi para vendor hardware PC. MSI mempercayai bahwa kebutuhan PC Gamer di seluruh dunia hanya bisa dipenuhi oleh vendor hardware yang benar-benar memfokuskan dirinya untuk memberikan fitur gaming terbaik.

 

 

Gaming Notebook: Refresh dengan Intel Core 7th Gen dan GTX 10 Series

msices2017ed_06

MSI menyatakan bahwa mereka adalah yang pertama untuk menghadirkan lini gaming notebook lengkap yang menggunakan prosesor Intel Core 7th Gen Kaby Lake, dan NVIDIA GeForce GTX 10 Series. Ini berlaku untuk semua seri, dari GT Series yang paling high-end, GS series yang tipis dan kencang, hingga ke GL series dengan fokus pada price vs performance.

Prosesor Intel Core 7th Gen: Meningkatkan Performa VR

msices2017ed_07

Dengan menggunakan prosesor Core generasi ke-7 ‘Kaby Lake’ seperti Core i7-7820HK, MSI mengungkapkan bahwa prosesor tersebut meningkatkan performa berbagai aplikasi VR hingga 25%, seperti yang ditunjukkan oleh VRMark Orange Room mereka.

GTX 1050 Ti: Performa Ekstra berkat Tuning dengan MSI Dragon Center

msices2017ed_08

msices2017ed_09

NVIDIA GeForce GTX 1050 Ti yang baru saja diluncurkan di kelas notebook disinyalir memiliki performa sekelas VGA 1050 Ti Desktop dan juga harganya tidak terlalu merusak kantong. MSI sendiri menyatakan bahwa dengan tuning Turbo Mode pada software Dragon Center mereka, MSI dapat meng-overclock GeForce GTX 1050 Ti di laptop untuk mencapai skor 3DMark11 P-Preset hingga lebih dari 10000, melebihi performa GTX 970M.

msices2017ed_10
GTX 1050 Ti yang di-overclock dengan MSI Dragon Center, melebihi performa GTX 970M

 

Cooling: Sangat penting di Gaming Notebook

msices2017ed_12

Pada gaming laptop dengan komponen beperforma tinggi, pendingin yang mumpuni mutlak diperlukan untuk menjaga durability dari komponen yang ada. MSI mengimplementasikan fitur Cooler Boost pada beberapa model notebook mereka, yakni pendingin yang didesain secara khusus oleh MSI untuk gaming notebook kelas atas, untuk menjaga kestabilan komponen.

Bergantung pada model notebook-nya, ada fitur Cooler Boost TITAN(untuk notebook besar seperti GT73 VR atau GT83 VR), atau Cooler Boost Trinity untuk notebook tipis(GS63 VR misalnya).

Pada demo yang ditampilkan MSI, mereka menjalankan stress Test yang ‘menyiksa’ CPU dan GPU mereka. Dengan pendingin Cooler Boost yang ada dijalankan lumayan kencang di mode 5000 RPM, kipas dari notebook tersebut terdengar agak bising, namun sanggup menjaga temperatur GPU mereka di bawah 80 C. Perlu diingat, komponen yang sedang dijalankan MSI ini adalah komponen high-end, seperti CPU Core i7-7820HK 4-core 8-thread pada kecepatan 3.5Ghz, dan juga GPU GTX 1080 kelas atas dengan Core clock sedang berjalan di 1.8Ghz.

msices2017ed_12b

 

High-res Audio dan Nahimic VR: Gaming Lebih Realistik dengan Audio Kelas Atas

msices2017ed_13

Audio merupakan salah satu komponen yang tak dapat terpisahkan dari PC Gaming, dan itu sebabnya MSI memberikan solusi audio berkualitas tinggi pada notebook mereka. Ini dilakukan dengan penerapan ESS Sabre HiFi Audio DAC, yang memberikan konfigurasi setidaknya 24-bit/192Khz untuk suara lebih jernih, dan juga dukungan headphone audiophile 600 Ohm.

msices2017ed_14

Nahimic VR sound enhancement melengkapi solusi audio yang ada di gaming notebook MSI untuk memberikan positional audio lebih akurat untuk memberikan pengalaman VR yang lebih realistik.

 

Perangkat Input Premium: Mechanical Keyboard dengan Cherry MX RBG Silver
msices2017ed_17

msices2017ed_16

Meski sudah memberikan banyak sekali fitur penunjang performa dan kenyamanan gaming, MSI masih mencoba memberikan nilai tambah pada laptop mewah mereka, GT83 VR, dengan mechanical keyboard berbasis cherry mx RGB silver switch. Keyboard tersebut diklaim memiliki key response lebih gegas untuk para gamer kompetitif.

 

Spesifikasi Tinggi Saja Tidak Cukup

msices2017ed_05

MSI menyatakan bahwa spesifikasi hardware yang tinggi saja belum tentu bisa memberikan gaming experience yang optimal, untuk itu mereka menambahkan beragam fitur ekstra lain untuk:

  1. Menunjang performa tinggi : Overclocking dengan Dragon Center
  2. Mengoptimalkan Sistem Pendingin: Cooler Boost
  3. Memantapkan kualitas visual yang didapatkan gamer: Penggunaan Display 120Hz/5ms
  4. Menghadirkan audio berkualitas tinggi nan realistik: ESS Sabre HiFi dan Nahimic VR
  5. Meningkatkan respon perangkat input: Penggunaan Mechanical Keyboard Cherry MX RGB Silver

Penambahan semua fitur ini diharap mampu memberikan ‘True Gaming’ Experience bagi para gamer. MSI juga menyatakan bahwa berbarengan dengan CES 2017 ini, semua lini notebook gaming mereka (GT, GE, GS, GP, GL Series ) yang mendapat update prosesor ke Intel Core generasi ke-7 ‘Kaby Lake’ sudah bisa ditemui di pasaran dengan berbagai ragam konfigurasi spesifikasi.

 

Lihat Part 2 dari MSI CES 2017 Press Conference di sini!

 

Jagat Review

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *