Review Relion RealPen PC

Relion RealPen PC 1

Sebuah PC desktop bisa dikatakan identik dengan sebuah perangkat yang mempunyai dimensi besar dan selalu berada di meja dan sangat tidak mungkin untuk dibawa kemana pun dengan mudah. Akan tetapi, perkembangan teknologi yang semakin hari semakin pesat seperti sekarang ini, seperti kehadiran sebuah prosesor dengan fabrikasi yang semakin kecil yang berdampak pada dimensi prosesor secara fisik, pada akhirnya para pabrikan mulai dapat mengahasilkan sebuah PC yang lebih kecil dimensinya. Pada pertengahan tahun lalu, Intel meluncurkan Intel Compute Stick (ICS) yang mempunyai ukuran setelapak tangan dan hal ini mendorong produsen PC lainnya ikut meramaikan keberhasilan Intel dalam membuat perangkat ini, salah satunya dalah Relion RealPen PC.

Relion RealPen PC mempunyai ukuran yang hampir serupa dengan ICS, hanya menggunakan casing berbahan metal dan mempunyai warna ke-emasan. Perangkat mungil ini menggunakan prosesor Intel berbasiskan arsitektur CPU Silvermont yang hanya menggunakan daya listrik dan temperatur kerja sangat rendah, di bawah 10 Watt sehingga dapat menggunakan sistem pendingin pasif.

Spesifikasi

Processor Intel Atom Z3735F Speed 1,33 GHz Burst 1.83 GHz)
Memory 2 GB Single Channel
Graphics Intel IGP
Storage 32GB eMMC
Wireless WiFi 802.11 b/g/n & Bluetooth 4.0
USB 2.0 1
MicroUSB 2.0 2
HDMI 1
Operating System Support Windows 8.1 dan Android 4.4
Dimensions (mm) 103.4 x 37.6 x 12.5
Power 5V, 2A Wall-Mount AC-DC Power Adapter

 

Prosesor

intel-compute-stick-cpuz-02

 

Intel Compute Stick ditenagai prosesor kelas hemat daya dengan nilai SDP (Scenario Design Power) sebesar 2,2 Watt berbasiskan arsitektur CPU Silvermont dan dibangun menggunakan proses fabrikasi 22nm dalam bentuk SoC (System On Chip). Untuk model CPU, mini PC desktop tersebut menggunakan tipe Intel Atom Z3537F dengan ukuran cache 2 MB. Prosesor tersebut merupakan tipe quad-core tanpa teknologi Hyper-Threading, namun memiliki nilai base clock speed sebesar 1,33 GHz dan dapat naik lebih tinggi lagi hingga mencapai 1,83 GHz berkat Burst Technology. Nilai Burst clock tersebut dapat dicapai pada saat sejumlah kondisi terpenuhi seperti temperatur, penggunaan daya, beserta jumlah penggunaan thread.

intel-compute-stick-cpuz-03

 

Intel Compute Stick dilengkapi memori tipe DDR3L (memori tipe hemat daya dengan voltase 1,35 V) dengan kapasitas 2GB berkecepatan 1333 MHz. Kapasitas dan kecepatan memori tersebut adalah kemampuan tertinggi yang didukung oleh SoC Intel Atom Z3735F. Chip memori pada Intel Compute Stick ditanam langsung pada PCB dan tidak dapat di-upgrade.

Graphics

intel-compute-stick-cpuz-02

 

Intel Atom Z3735F dilengkapi graphics card terintegrasi HD Graphics “Gen7” dimana arsitektur GPU tersebut serupa seperti yang digunakan pada prosesor Ivy Bridge. Intel HD Graphics tersebut bekerja pada base clock sebesar 311 MHz dengan nilai Burst clock 646 MHz.

Jagat Review

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *