Serba-serbi Android Wear 2.0: Fitur Utama dan Smartwatch yang Kompatibel

Smartwatch dengan Android Wear 2.0.

Google resmi merilis sistem operasi Android Wear 2.0 pada Rabu (8/2) kemarin. Tiga perangkat dinobatkan menjadi smartwatch atau jam tangan pintar pertama yang mengusung Android Wear 2.0, yakni LG Watch Style, LG Watch Sport, dan Wear24.

Namun, apa saja sebenarnya pembaruan yang dibawa Android Wear 2.0 dan smartwatch mana saja yang kompatibel atau bisa ditingkatkan ke sistem operasi ini? Inilah fitur-fitur mutakhir pada Android Wear 2.0 seperti dirangkum oleh IBTimes.

1. Google Play Store

Android Wear 2.0 membenamkan toko aplikasi Google Play Store secara terintegrasi sehingga pengguna dapat mengunduh aplikasi-aplikasi ke dalam smartwatch tanpa perlu menghubungkannya dengan smartphone. Tentu saja, aplikasi yang bisa diunduh sudah mengalami penyederhanaan dari versi smartphone. Tetapi, masih ada sejumlah aplikasi yang harus disandingkan dengan smartphone agar bisa berfungsi penuh.

2. Dukungan koneksi nirkabel dan seluler

Android Wear 2.0 sudah mendukung koneksi nirkabel seperti Wi-Fi dan koneksi seluler seperti 3G dan 4G LTE. Walhasil, pengguna dapat melakukan panggilan telepon, mengirim dan membaca pesan, ataupun browsing sederhana, langsung dari layar jam tangan mereka.

3. Google Assistant

Android Wear 2.0 menyertakan asisten digital Google Assistant yang sebelumnya hanya tersedia di perangkat Google Pixel dan Pixel XL. Dengan adanya asisten ini, pengguna dapat memberi perintah suara untuk membuka aplikasi, mengecek cuaca, atau membalas pesan, cukup dengan berbicara, “Ok Google!”.

Antarmuka Android Wear 2.0 pada LG Watch Series.

4. Google Fit Terbaru

Aplikasi kebugaran Google Fit mengalami pembaruan fitur pada Android Wear 2.0, misalnya untuk melacak kecepatan, jarak tempuh, pembakaran kalori, dan detak jantung saat pengguna berolahraga. Tersedia pula fitur untuk mengukur hitungan angkat beban, push-up, sit-up, dan squat jump.

5. Dukungan Android Pay

Pengguna Android Wear 2.0 bisa melakukan transaksi secara elektronik lewat platform Android Pay, cukup dengan menyentuhkan layar jam tangan mereka ke alat tertentu di kasir. Syaratnya, jam tangan itu harus memiliki chip NFC di dalamnya.

Google juga merilis daftar smartwatch lawas yang kompatibel dan bisa dimutakhirkan ke Android Wear 2.0, yaitu: Moto 360 (2nd Gen.), Moto 360 Sport, LG Watch Urbane 2nd Edition LTE, LG Watch Urbane, LG G Watch R, Polar M600, Casio Smart Outdoor Watch, Casio PRO TREK Smart, Nixon Mission, New Balance RunIQ, Tag Heuer Connected, Fossil Q Wander, Fossil Q Marshal, Fossil Q Founder, Michael Kors Access Bradshaw Smartwatch, Michael Kors Access Dylan Smartwatch, Huawei Watch, Huawei Watch Ladies, ASUS ZenWatch 2, dan ASUS ZenWatch 3.

Video demonstrasi fitur-fitur Android Wear 2.o:

InfoKomputer Online

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *