Simulator Jet Tempur F-18 Gunakan NVIDIA Quadro

Di acara I/ITSEC di Orlando, Florida, AS, yang dimulai pada tanggal 28 November lalu, Angkatan Laut AS mempertunjukkan untuk pertama kalinya alat simulator jet tempur mereka. Simulator jet tempur itu digunakan untuk pelatihan pilot salah satu jet tempur yang digunakan saat ini oleh beberapa satuan militer negara tersebut, F-18. penerbangan jet. Simulator ini digunakan untuk mengasah kemampuan pilot dalam pertempuran di udara.

26-mass-virtual-cockpit-640x0

Simulator jet tempur ini menggunakan teknologi virtual reality yang dikembangkan oleh Mass Virtual. Menariknya, simulator ini dibangun dengan basis platform Virtual Attain dan GPU NVIDIA, Quadro P6000. Headset HTC VIve dan Oculus Rift digunakan untuk menampilkan display dari simulator ini, dan digunakan untuk menggambarkan sebuah virtual cockpit, sehingga latihan yang dijalani pilot akan terasa seperti benar-benar berada di dalam jet tempur.

Menurut NVIDIA, implementasi VR untuk simulator jet tempur akan membawa beberapa keuntungan. Salah satunya adalah dalam ruangan untuk simulator ini. Memanfaatkan VR, ruangan yang dibutuhkan untuk simulator akan jauh lebih kecil dari yang ada sebelumnya. Selain itu, simulator yang sama juga bisa dikonfigurasi untuk penggunaan di kendaraan tempur lain, karena kokpit buatan tidak perlu dibangun khusus untuk memberikan kesan pengemudi sedang berada di dalam kendaraan.

Perwakilan Mass VIrtual, perusahaan yang membangun simulator milik Angkatan Laut AS ini, menyebutkan bahwa tingkat realitas suasana kokpit virtual jet tempur F-18 di alat simulator VR ini bisa sangat baik sekali. Hal ini akan memungkinkan pilot dan calon pilot mendapatkan latihan yang lebih baik, sehingga bisa mengasah kemampuan mereka lebih tinggi lagi. Semua hal itu dimungkinkan karena penggunaan Quadro P6000 yang memang memiliki kemampuan yang memadai untuk virtual reality yang sedekat mungkin dengan dunia nyata.

Jagat Review

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *