Smartphone Buat Harga Laptop Meningkat 15%

Tren peningkatan di bidang smartphone ternyata membawa dampak buruk bagi laptop. Berdasarkan laporan yang beredar di Internet, smartphone berpotensi membuat harga laptop meningkat hingga 15% untuk tahun 2017 ini. Hal itu disebabkan karena smartphone ternyata “memakan” jatah komponen laptop, yang menyebabkan kelangkaan komponen.

Notebook Generic

Berebut Jatah Komponen dengan Smartphone

Produsen komponen disebut mengurangi jatah komponen untuk laptop dan memilih memproduksi lebih banyak komponen untuk smartphone. Hal itu berimbas pada langkanya komponen untuk laptop, yang membuat harganya meningkat. Untuk mengatasi meningkatnya harga komponen tersebut, produsen laptop disebut berencana untuk meningkatkan harga laptop sekitar 5% – 15% di pertengahan tahun ini.

Beberapa komponen “umum” memang dibutuhkan baik oleh smartphone maupun laptop, termasuk chip memori untuk RAM dan storage serta panel layar. Pasar smartphone yang berkembang pesar, dan juga strategi produsen smartphone yang agresif mendorong produk mereka, membuat pemasok komponen merasa bermain di ranah smartphone akan lebih menarik. Akibatnya, komponen untuk laptop pun dikurangi produksinya.

Persulit Perkembangan Pasar Laptop?

Peningkatan harga hingga 15% diprediksi banyak pihak membuat laptop jadi kekurangan daya tarik dan bisa mengembalikan kondisi buruk di pasar laptop. Namun, menariknya, tren yanjg ada belakangan ini menunjukkan bahwa bila memang siklus penggantian laptop tiba, pengguna tetap saja akan membeli laptop baru terlepas dari kenaikan harga. Mari kita lihat saja seperti apa kondisi yang terjadi nanti.

Jagat Review

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *