Tips Berantas Berita Hoax dari Bapak Web Tim Berners-Lee

Tim Berners Lee

Tim Berners-Lee (Penemu dan Bapak World Wide Web) resah dan gundah melihat perkembangan peredaran berita palsu alias hoax di dunia maya. Pengelola media sosial dan search engine kerap menggunakan berita hoax dan search engine untuk menarik orang untuk mengkliknya.

Karena itu, Lee mengembangkan algoritma khusus yang dapat mempelajari perilaku dan preferensi pengguna supaya bisa menyajikan link yang sesuai dengan kesukaan si pengguna.

Bagaimana cara mengatasi peredaran berita palsu?. Lee melihat para pengelola media sosial dan search engine, seperti Facebook dan Google yang mampu menangani penyebaran berita hoax dan mendorong pemerintah agar memperjelas aturan kampanye politik di Internet.

Kemudia Berners-Lee mengkritisi banyak situs yang menawarkan jasa gratis dengan persyaratan penyerahan data pribadi. Kemudian si penyedia jasa online menyimpan data pribadi secara tertutup dan penyedia jasa itu bebas membagikannya dengan pihak lain.

“Kebanyakan pengguna Internet cenderung malas membaca dokumen terms and condition yang disodorkan perusahaan Internet. Percaya begitu saja atau tidak keberatan memberi data asalkan mendapat layanan online gratis,” kata Lee seperti dilansir CNET.

“Dan melalui penggunaan ilmu data dan bot, orang-orang dengan niat buruk juga bisa memainkan sistem untuk menyebarkan informasi yang salah untuk keuntungan finansial atau politik,” sebutnya.

Berners-Lee mencontohkan masa pemilu presiden 2016 di AS, setiap harinya bisa terdapat 50.000 variasi iklan politik yang beredar hanya di Facebook saja. Sialnya, banyak iklan-iklan itu mengarahkan para penerimanya ke situs berita palsu untuk mempengaruhi persepsi mereka lewat cerita fiktif.

“Masalah-masalah ini kompleks dan solusinya tidak akan sederhana,” kata Berners-Lee.

World Wide Web (WWW, web) sendiri adalah model pembagian informasi di internet yang memakai protokol Hypertext Transfer Protocol (HTTP). Laman-laman web di seluruh dunia bisa dijelajahi dengan mengetikkan alamat Uniform Resource Locator (URL) di kolom software browser.

Web adalah salah satu bagian dari internet yang berdiri di atas jaringan komputer global tersebut. Selain untuk web, jaringan internet juga dipakai berkirim e-mail, instant messaging, dan FTP.

InfoKomputer Online

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *