WD Hadirkan Varian SSD WD Black M.2 PCIe

Setelah meluncurkan dua varian SSD pertamanya beberapa bulan lalu, WD Blue dan WD Green, kini produsen storage ternama dunia itu kembali menambah koleksi SSD baru dengan varian WD Black. Namun tampaknya, SSD WD Black ini hadir dan dirancang khusus untuk para pengguna profesional karena dilengkapi dengan teknologi NVMe (Non Volatie Memory Express).

wd-black-ssd

Dengan disertai teknologi NVMe, SSD WD Black yang dirancang dengan form factor M.2 2280 memanfaatkan jalur antarmuka PCIe Gen 3 x4. SSD yang tengah dipamerkan pada ajang CES 2017 ini diklaim mampu menawarkan kecepatan tinggi sequential Read dan Write mencapai 2050 MB/s dan 800 MB/s. Tentunya kecepatan yang ditawarkannya itu mampu untuk meningkatkan performa pada sebuah PC, baik desktop maupun laptop yang mendukung slot M.2 PCIe Gen 3 x4.

Pihak WD mengatakan kalau varian SSD WD Black M.2 NVMe PCIe ini tersedia dalam dua pilihan kapasitas, di antaranya 256 GB dan 512 GB. Varian SSD WD Black ini juga dilaporkan akan mulai tersedia di pasaran pada kuartal pertama tahun ini dan masing-masing dibanderol dengan harga sekitar USD 109 untuk 256 GB dan USD 200 untuk yang berkapasitas 512 GB.

Kehadiran varian SSD WD Black dengan form factor M.2 2280 ini tentunya telah menambah jajaran koleksi SSD WD yang juga turut menghadirkan WD Green dan WD Blue dengan form factor M.2 2280. Namun tampaknya varian SSD WD Black ini dirancang lebih khusus, selain itu garansi yang dimiliki WD Black ini lebih panjang, yakni selama 5 tahun. Berbeda dengan varian SSD WD Green dan Blue yang memiliki garansi selama 3 tahun.

Jagat Review

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *