Arifin Tasrif Ditunjuk Jadi Menteri ESDM, Ini Sosoknya

Sumber

Jakarta – Presiden Jokowi baru saja mengumumkan deretan nama menteri yang akan membantunya di periode kedua. Arifin Tasrif ditunjuk sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Nama Arifin Tasrif menggantikan menteri sebelumnya, Ignasius Jonan. Arifin diberi tugas oleh Jokowi di untuk mendorong energi terbarukan hingga mengurangi impor minyak dan gas bumi. Lalu, siapa Arifin Tasrif?

Dirangkum oleh detikcom, berikut ini tentang Arifin Tasrif sebelum ditunjuk presiden jadi Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM):

1. Lulusan ITB

Dalam biodata Arifin Tasrif, ia lahir di Jakarta pada 19 Juni 1953. Arifin menamatkan pendidikan sarjana di institut Teknologi Bandung jurusan Teknik Kimia pada tahun 1972.

2. Karier

Biografi Arief Tasrif tercatat ia lama berkarier profesional di sejak tahun 1995. Pada tahun 1995-2001, ia menduduki posisi sebagai direktur bisnis PT Rekayasa Industri. Lalu ia juga menjabat sebagai direktur Utama PT Petrokimia Gresik pada tahun 2001-2010.

Karir Arifin terus menanjak hingga menduduki posisi direktur utama PT Pupuk Sriwidjaya (Persero) atau Pusri selama periode 2010-2015.

Di bawah kepemimpinannya, Pusri berganti nama menjadi PT Pupuk Indonesia Holding Company, induk usaha yang membawahi lima perusahaan pupuk pelat merah lainnya yaitu PT Pusri Palembang, PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT), PT Petrokimia Gresik, PT Pupuk Kujang,dan PT Pupuk Iskandar Muda (PIM).

3. Jadi Duta Besar Indonesia untuk Jepang

Melanjutkan kariernya, Arifin Tasrif diberi amanat oleh Presiden Jokowi untuk menjabat sebagai Duta Besar Indonesia untuk Jepang setelah diangkat pada 13 Maret 2017 lalu.

4. Aktif di Pengurusan PBVSI

Di tengah kesibukannya, Arifin Tasrif juga aktif di Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI). Ia ditunjuk sebagai wakil ketua umum III PBVSI pada periode 2010-2014. Setelah itu di tahun 2014-2018 ia menjabat sebagai dewan penyantun PBVSI.

5. Diangkat Jadi Menteri ESDM

Diangkat menjadi Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, ini bukan jadi hal yang baru untuk Arifin Tasrif. Karena, selama menjadi duta besar Jepang, Arifin juga berperan dalam kerja sama kedua negara dalam pengembangan energi baru.

(lus/erd)