Begini Cara Puan Percepat Penyaluran Dana Desa

Jakarta – Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani memimpin rapat koordinasi (rakor), salah satunya membahas progres pelaksanaan dana desa. Hasil rapat juga memutuskan dilakukannya relaksasi untuk mempercepat penyerapan dana desa di daerah.

Puan menyampaikan relaksasi untuk percepatan pelaksanaan dana desa ini berkaitan dengan penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes).

“Ke depan kalau memang masih ada kabupaten yang belum menyelesaikan APBDes, hari ini kami sudah membuat satu kebijakan yaitu akan melakukan relaksasi, artinya mereka harus segera melakukan penyaluran APBDes atau dana desanya,” ujarnya.

Untuk mempercepat penyaluran dana desa, daerah juga diharapkan dapat berkoordinasi dengan kementerian terkait. “Yaitu Bappenas, Kemendagri, Kementerian Desa, Kementerian Keuangan,” sebutnya.

Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo yang ikut dalam rakor turut menyampaikan, relaksasi yang dimaksud adalah untuk mempermudah penyusunan APBDes. Saat ini dana desa sudah masuk tahap kedua. Bagi desa yang belum menyalurkan saat tahap satu maka tidak perlu merevisi APBDes untuk disalurkan di tahap dua.

“Tadi sudah diputuskan ada relaksasi terhadap daerah kepada desanya, sehingga supaya kalau ada APBDes bisa langsung disalurkan baik yang satu atau yang dua,” lanjutnya.

“Nah ini kan untuk setahun, seluruh desa, jangan dipakai persyaratan untuk penyaluran tahap pertama, karena kalau ada desa yang sudah buat APBDes harus revisi supaya menyesuaikan,” lanjutnya.

Jadi, tambah Mardiasmo, kalau kabupaten/kota sudah medapatkan dana dari pemerintah pusat atau sudah ada APBDes maka segera disalurkan saja, tidak perlu direvisi.

(eds/eds)