Bisa Ditiru RI, Begini Gambaran Kota Pintar Ala Korsel

Jakarta – Konsep smart city menjadi hal yang diperkenalkan pemerintah Korea Selatan (Korsel) ke Indonesia. Konsep ini dinilai akan menggabungkan teknologi digital dengan pembangunan sebuah kota.

Dalam acara KICT Construction Technology Fair 2019, Perwakilan KICT Chang Soo Hoo menjelaskan mengenai konsep smart city. Menurutnya, konsep ini menggabungkan teknologi digital di kehidupan masyarakat kota sehari-hari.

“Jadi konsep ini berkaitan dengan IT teknologi digital dalam keseharian masyarakat sehari-hari. Memang kita terkenal dengan teknologi IT-nya,” ucap Chang di Hotel Sheraton Grand Gandaria, Kamis (26/9/2019).

Chang mencontohkan beberapa aspek dalam konsep smart city. Salah satunya adalah mendorong efektifitas transportasi dengan teknologi digital.
“Jadi dalam smart city bisa dukung transportasi yang efektif, nanti digabungkan teknologi untuk menunjang transportasi,” jelas Chang.

Selain itu, ada juga teknologi yang bisa menghemat energi sebuah gedung. Untuk sistem keamanan akan dibuat digital.

“Bisa juga menurunkan pemborosan energi, ada teknologi khusus yang membuat biaya bisa ditekan. Lalu untuk kemanannya, juga bisa pakai teknologi digital, pokoknya maksimalkan IT,” ucap Chang.

Chang menjelaskan dengan adanya seminar dan pertemuan bisnis dalam KICT Fair, pihaknya bisa berkomunikasi dan berbagi pengalaman. Begitu pula menjalin kerja sama bisnis.

“Kita kan sudah ada pengalaman ini bisa kita share ke Indonesia, selain itu ada forum b-to-b juga untuk munculkan kerja sama,” ucap Chang.

Simak Video “Begini Rencana Pembangunan Infrastruktur di Ibu Kota Baru RI
[Gambas:Video 20detik]
(fdl/fdl)