BNI Syariah Dukung Percepatan Pertumbuhan Ekonomi Daerah

bni syariah.jpg3(infomoneter)-Sumatera Barat, 24 Maret 2017, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bekerjasama dengan BNI Syariah serta industri keuangan lainnya meluncurkan Program “AKSI Pangan” yang merupakan upaya sinergi kebijakan dalam mengakselerasi inklusi keuangan untuk mendukung program kedaulatan pangan.

Peluncuran Program AKSI Pangan dilaksanakan di Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat, yang dihadiri oleh Plt. Direktur Utama BNI Syariah, Junaidi Hisom, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Anggota Komisi XI DPR RI, Gubernur Provinsi Sumatera Barat, pejabat Kementerian Pertanian, Kementerian Perdagangan, Kementerian Agraria dan Tata Ruang/BPN, serta diikuti oleh asosiasi, pimpinan industri jasa keuangan dan pelaku financial technology (fintech) di bidang pertanian.

“Keikutsertaan BNI syariah dalam kegiatan Aksi Pangan ini merupakan upaya nyata BNI syariah  untuk mendukung percepatan pertumbuhan ekonomi daerah melalui pembiayaan value chain pada sektor pangan dan pertanian dari hulu ke hilir, dan diharapkan kedepan dapat menjawab masalah terbatasnya akses pembiayaan khususnya di sektor ketahanan pangan yakni pertanian, kehutanan, perkebunan, dan perikanan” , Ujar Junaidi Hisom.

Industri pariwisata halal di provinsi sumatera barat

Bersamaan dengan adanya kegiatan Aksi Pangan tersebut, BNI syariah juga berkesempatan melakukan pertemuan dengan Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno dan Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah, dalam pertemuan tersebut BNI Syariah menyampaikan dukungan untuk memajukan industri pariwisata halal di provinsi sumatera barat. Sebagaimana diketahui Sumatera Barat telah ditetapkan sebagai destinasi wisata halal terbaik dunia tahun 2016 di ajang World Halal Tourism Award 2016.

Berdasarkan data Kementerian Pariwisata, Pemerintah Daerah, Association of the Indonesia Tours & Travel Agencies (ASITA) yang menyebutkan potensi jumlah wisatawan halal tourism sebesar 15 juta wisatawan dengan jumlah transaksi sekitar Rp 223 triliun.

”Kami mendukung penuh pariwisata di ranah minang karena Sumatera Barat memiliki potensi dan kekayaan alam yang luar biasa. BNI Syariah akan mengumpulkan para pelaku industri pariwisata antara lain pengusaha hotel, restaurant dan pemilik tour and travel untuk bersinergi memajukan industri pariwisata halal di sumatera barat.” Ujar Junaidi.

BNI Syariah bersama mastercard melalui produk kartu pembiayaan BNI iB Hasanah Card akan menjalin kerjasama promo dengan merchant-merchant pelaku industri pariwisata halal di sumatera barat.

Dengan adanya sinergi BNI Syariah dengan pemerintah Daerah Sumatera Barat, diharapkan program wisata halal yang akan dilaksanakan dapat lebih banyak mendatangkan wisatawan lokal dan mancanegara sehingga dengan berkembangnya sektor wisata Sumatera Barat dapat mengakselerasi pemberdayaan ekonomi masyarakat lokal dan perekonomian daerah setempat.

Infomoneter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *