Cerita Pengelola PLTU Suralaya Waktu Jawa-Bali Blackout

Jakarta – Wilayah Jawa Bali sebulan lalu mengalami pemadaman listrik besar-besaran alias blackout. Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Suralaya pun sempat menjadi sorotan.

Pasalnya, pembangkit besar yang paling dekat dengan Jakarta ini pernah dinyatakan sebagai biang keladi blackout oleh PLN, meskipun pernyataan itu akhirnya diperbaiki dan kesalahan dinyatakan terjadi di transmisi Sutet Ungaran-Pemalang.

Bahkan, kalau menurut Direktur Operasi I PT Indonesia Power M. Hanafi Nur Rifai, PLTU Suralaya merupakan pembangkit paling terakhir mati saat masalah terjadi di transmisi Ungaran-Pemalang.

“Ini jangan salah ya, Suralaya ini kami mati paling belakangan, ibarat petinju kami ini pertahanan terakhir,” kata Hanafi di Kantor PLTU Suralaya, Merak, Selasa (24/9/2019).
Hanafi pun mengklaim PLTU Suralaya menjadi pembangkit pertama yang masuk dalam sistem transmisi 500 kv Jawa-Bali usai masalah di Ungaran-Pemalang selesai diatasi. Menurutnya, PLTU Suralaya masuk empat jam setelah masalah di transmisi diatasi.

“Dari sisi pembangkit kami baru bisa start setelah dapat power, berdasar standar start unit kami dalam batasan waktu yang disepakati sama PLN. Unit pertama yang masuk itu kami 4 jam setelah kami start,” papar Hanafi.

Hanafi menyebutkan untuk ‘membangunkan’ sebuah PLTU memang butuh usaha besar, mulai dari butuh tenaga listrik sebesar 30 mw. Selain itu butuh waktu kembali untuk memulai pembangkit beroperasi.

“Untuk start-up itu kami butuh 30 megawatt, untuk menjalankan kita juga lama ibaratnya kita butuh manasin mesin dulu,” kata Hanafi.

Hanafi menyebutkan usai kejadian ini pihaknya akan memperbaiki skema pertahanan pembangkit ini, agar kalau terjadi blackout kembali pihaknya memiliki rencana aksi yang lebih cepat untuk dilakukan.

“Tadi saya sampaikan apa yg akan diperbaiki, nextnya kita akan perbaiki defense schemenya, kalau terjadi lagi apa yang akan dilakukan. Bagaimana pola koordinasi sama semua pihak,” ucap Hanafi.

Simak Video “Siswa di Ponorogo Bikin Pembangkit Listrik Bertenaga Bayu
[Gambas:Video 20detik]
(dna/dna)