Cina Yakin Pertumbuhan Ekonomi akan Lampaui Target

Sumber
Sepanjang kuartal I 2018 tercatat sebesar 6,8 persen.

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING — Pertumbuhan ekonomi Cina sepanjang kuartal I 2018 tercatat sebesar 6,8 persen year on year (YoY). Laju pertumbuhan Cina juga melihat data penjualan barang-barang ritel.

Dilaporkan Reuters, Selasa (17/4), sepanjang Maret 2018, penjualan barang-barang ritel tumbuh sebesar 10,1 persen YoY, mengalahkan konsensus yang sebesar 9,9 persen YoY.

Adapun sebelumnya pada pertemuan parlemen tahunan awal bulan lalu, Perdana Menteri Cina Li Keqiang menargetkan pertumbuhan ekonomi Cina sekitar 6,5 persen sepanjang tahun ini.

Target tersebut sama dengan tahun lalu. Namun, pemerintah optimistis pertumbuhan Cina dapat lebih tinggi dari perkiraan tersebut. Pemerintah Cina akan fokus dalam menjaga stabilitas keuangan.

Pertumbuhan ekonomi Cina pada kuartal I 2018 memberikan harapan bahwa Negeri Tirai Bambu ini dapat kembali tumbuh di atas target yang dicanangkan oleh pemerintah. Sepanjang 2017 lalu kuatnya laju ekonomi Cina telah mendorong bursa saham dunia mencatatkan reli kencang. Hal ini berpotensi terulang pada 2018.