Daftar Kementerian yang Paling Siap PNS-nya Kerja dari Rumah

Sumber

Jakarta – Sejumlah instansi pemerintah bakal menjadi proyek percontohan (pilot project) untuk uji coba pegawai negeri sipil (PNS) kerja dari rumah alias flexy working space. Itu masuk ke dalam konsep Flexible Working Arrangement (FWA) atau pengaturan kerja yang fleksibel yang sedang disiapkan.

Komisioner Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) Waluyo Martowiyoto menjelaskan ada 7 instansi pemerintah pusat yang bakal jadi proyek percontohan. Namun yang dia sebutnya baru 6 instansi.

“Itu tadi yang sudah ada di dalam tadi, ada BKN, KemenPAN-RB, LAN, Bappenas, Kemenkeu, Kementerian PUPR,” kata dia di KemenPAN-RB, Jakarta, Selasa (3/12/2019).

“FWA kita mulai dari instansi pusat duluan tapi tidak semuanya,” lanjut dia.

Dia juga menjelaskan tidak semua PNS di masing-masing instansi tersebut bakal bekerja dari rumah. Mereka akan memilih unit kerja yang mana yang siap dijadikan pilot project.

“Nanti masing-masing instansi dari 7 itu akan menyampaikan mana-mana yang bisa,” sebutnya.

Pada konsep kerja FWA ini, PNS tidak sekedar dimungkinkan bekerja dari rumah melainkan juga mendapat tambahan libur (flexibel working time). Namun dari sisi jam kerja tak berkurang. Pasalnya yang diterapkan adalah konsep compressed work, di mana jumlah hari kerja per dua minggu dikurangi dan jumlah jam kerja perhari otomatis akan menjadi lebih panjang.

“Kita luruskan pemahaman tentang FWA. FWA itu tidak berarti semua ASN tidak ke kantor, bukan ya. Tetapi ada satu flexibel working time,” tambahnya.

Simak Video “Sri Mulyani Respons Gaji PNS DKI Tembus Rp 28 Juta
[Gambas:Video 20detik](toy/dna)