Ditunjuk Jadi MenPAN RB, Tjahjo Kumolo Sempat Kira Akan Pensiun

Sumber

Jakarta – Tjahjo Kumolo kembali menjadi pembantu Presiden Joko Widodo (Jokowi) di periode kedua. Dari Kementerian Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo berpindah haluan memimpin Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB).

Usai menghadiri pelantikan di Istana Kepresidenan, Tjahjo Kumolo langsung meluncur ke kantor barunya di kawasan Jendral Sudirman, Jakarta Selatan. Tanpa berlama-lama, saat tiba Tjahjo Kumolo langsung menuju Ruang Sriwijaya Kementerian PANRB untuk melalukan serah terima jabatan.

Dalam sambutannya, ia sempat menceritakan kisahnya ditelepon pak Presiden kemarin. Sebelumnya, Tjahjo mengatakan belum mengetahui bahwa akan diminta untuk menjadi menteri lagi.

“Kemarin pak Presiden menghubungi saya, dalam pikiran saya hanya kayaknya saya disuruh pensiun. Ternyata saya diamanahkan oleh presiden untuk ini,” tutur Tjahjo di Kementerian PANRB, Rabu (23/10/2019).

Sebelum menghadiri serah terima jabatan di KemenPANRB, Tjahjo lebih dulu menyelesaikan serah terima 4 jabatannya di luar. Yakni serah terima Menteri Dalam Negeri dan serah terima jabatan Ketua Badan Pengelola Perbatasan Nasional.

Selain itu, bersamaan dengan resminya Tjahjo menjadi Menteri PANRB, ia juga mengundurkan diri sebagai Wakil Ketua Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) yang telah diemban selama tiga tahun ini. Terakhir, Tjahjo juga harus melakukan serah terima jabatan dari Menkumham.

“Alhamdulillah hari ini saya telah serah terima jabatan sebagai Mendagri, kemudian serah terima badan perbatasan nasional, dan yang ketiga saya mengundurkan diri sebagai wakil ketua Kompolnas yang saya emban selama 3 tahun ini, dan yang terakhir saya serah terima jabatan dari Menkumham,” ungkap Tjahjo.

Nama Tjahjo Kumolo memang sudah tidak asing di pemerintahan. Bahkan dirinya tercatat sebagai anggota DPR ‘abadi’, karena menjadi legislator selama enam periode.

Simak Video “Tjahjo Kumolo Dapat Kursi Menteri Apa?
[Gambas:Video 20detik](eds/eds)