Ekonomi Indonesia Masih Hadapi Tantangan Eksternal

BOEDIONO: KONSISTENSI KEBIJAKAN, KUNCI KEBANGKITAN EKONOMI RI (8-habis)

Ekonomi Indonesia Masih Hadapi Tantangan Eksternal
Oleh Triyan Pangastuti dan Primus Dorimulu | Kamis, 29 Maret 2018 | 11:17

Agus Martowardojo. Foto: IST

Gubernur BI Agus Martowardojo juga mengemukakan, perekonomian Indonesia masih menghadapi tantangan siklikal dan struktural. Proteksionisme perdagangan (inward-oriented trade policy) yang dijalankan Presiden AS Donald Trump, misalnya, berisiko menganggu prospek kesinambungan pemulihan ekonomi global dan perdagangan dunia.

 

Hal itu dapat berdampak negatif terhadap perekonomian Indonesia. Untuk mengantisipasi hal itu, menurut Gubernur BI, bank sentral akan terus memperkuat kerja sama dan koordinasi antarpemangku kebijakan.

 

“Itu untuk memperkuat transformasi ekonomi menjadi ekonomi yang tumbuh lebih pesat, berkesinambungan, seimbang, dan inklusif melalui kombinasi yang optimal antara kebijakan siklikal dan struktural,” papar dia.

 

Agus Marto menjelaskan, kebijakan siklikal akan tetap difokuskan pada upaya menjaga stabilitas perekonomian sambil memberikan ruang yang cukup bagi berlanjutnya momentum pemulihan ekonomi nasional. Adapun kebijakan struktural akan difokuskan pada lima hal, yaitu memperkuat daya saing serta membangun kapasitas dan kapabilitas industri, meningkatkan tingkat kesejahteraan masyarakat, serta memperkuat struktur dan sumber pembiayaan. (ac/ts/az)

Kirim Komentar Anda

Komentar Untuk Artikel Ini

Jadilah yang pertama untuk menulis pendapat Anda!