Erick Thohir Cicil Uang Nasabah Jiwasraya Mulai Februari

Sumber

Jakarta – Pengembalian dana nasabah PT Asuransi Jiwasraya (Persero) akhirnya menemui titik terang. Menteri BUMN Erick Thohir berjanji akan mencicil dana tersebut mulai Februari 2020. Hal tu menyusul pembentukan holding asuransi sudah disetujui.

Erick mengaku pembentukan holding akan berlangsung pada pertengahan Februari tahun ini usai aturannya diteken oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Holding asuransi juga bagian dari upaya pemerintah menyehatkan keuangan Jiwasraya.

“Ya kan ini holdingisasi baru ditandatangani prosesnya nanti baru akhir Februari, ya pertengahan lah dari situ baru bisa terlaksana, karena memang kita harus mengikuti step step dari pembentukan holding itu sendiri,” kata Erick di komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (15/1/2020).

Pengembalian dana nasabah ini berasal dari dana yang berhasil dihimpun dari pembentukan holding asuransi. Lantas seberapa besar dana yang berhasil dihimpun pemerintah lewat holding ini? Klik halaman selanjutnya:

Erick mengatakan dana yang berhasil dihimpun lewat holding mencapai Rp 8 triliun selama empat tahun ke depan. Dana ini merupakan nilai aset yang bisa dikelola ke depannya.

Dana himpunan ini akan bertambah melalui pembentukan anak usaha yang bernama Jiwasraya Putera. Dia mengaku anak usaha ini sedang dicarikan mitra strategis yang nantinya akan menyuntikkan modal sekitar Rp 1-Rp 3 triliun. Belum lagi ditambah dengan aset saham yang telah dideteksi nilai valuasinya saat ini Rp 2-Rp 3 triliun.

Dengan dana tersebut, Erick mengaku akan mulai menyicil pengembalian hak para nasabah.

“Itu kan sudah dengan dana terkumpul itu akan dikembalikan bertahap,” jelasnya.