Gelar Musrenbang, Kabupaten Pasangkayu Targetkan Pertumbuhan Ekonomi Meningkat

PASANGKAYU – Pemerintah Kabupaten Pasangkayu melaksanakan Musyawaran Perencanaan Pembangunan Daerah (Musrenbangda) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Pasangkayu 2019 yang digelar oleh Bappeda Litbang Pasangkayu di salah satu hotel di kota Pasangkayu, Sulawesi Barat.

Musenranbangda tersebut mengambil tema, “Mapankan Pembangunan Infrastruktur dan Daya Saing Sumber Daya untuk Pertumbuhan Ekonomi Daerah yang Berkualitas”.

BERITA TERKAIT +

Musrenbang ini merupakan suatu wadah untuk memberikan ruang kepada masyarakat dalam berperan aktif mengawal dan menentukan arah pembangunan daerah serta merupakan pendekatan secara Bottom-up (dari bawah/masyarakat ke atas/penentu kebijakan) yang menyusun prioritas usulan dari masyarakat dengan mengkategorikan berdasarkan urusan dan alokasi anggaran.

Kegiatan Musrenbang ini merupakan agenda kegiatan tahap lanjutan yang sebelumnya telah diawali dengan rangkaian Musyawarah Perencanaan Pembangunan tingkat Dusun, Desa, Kelurahan dan Kecamatan se-Kabupaten Pasangkayu.

Musrenbangda RKPD Kabupaten Pasangkayu ini dibuka oleh Bupati yang di wakili oleh Asisten Bidang Pemerintahan Dan Kesra Kabupaten Pasangkayu. Dalam kesempatan tersebut juga hadir Gubernur Sulawesi Barat yang diwakili Staf ahli bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Provinsi Sulawesi Barat, Anggota DPRD Provinsi Sulawesi Barat, dan Kepala Bappeda Provinsi Sulawesi Barat.

Kemudia, turut hadir Ketua DPRD Kabupaten Pasangkayu hingga jajarannya, dan unsur Muspida Kabupaten Pasangkayu, serta jajaran OPD Pemerintahan se-Kabupaten Pasangkayu dan tokoh masyarakat dari berbagai kalangan.

Sementara Kepala Bappeda Litbang Firman, S.Pi,. MP, dalam Laporan Kegiatan tersebut menjabarkan tentang tahapan penyusunan RKPD tahun 2019 berdasarkan permendagri 86 tahun 2017.

“Berdasarkan arahan tema RPJMD bahwa ditahun 2019 merupakan tahun ke 3 menekankan pada kesejahteraan dan ekonomi masyarakat yang didukung infrastruktur, oleh karena itu Pemkab Pasangkayu memantapkan Tema Pembangunan yaitu Mapankan Pembangunan Infrastruktur dan Daya Saing Sumberdaya untuk Peningkatan Pertumbuhan Ekonomi yang Berkualitas, hal ini untuk tetap menata bagaimana pasangkayu baru, pasangkayu bangkit,” papar Firman.

Lebih lanjut, Firman mengatakan, Bupati Pasangkayu, Agus Ambo Djiwa telah memberikan tagline dalam pelaksanaan perencanaan pembangunan di tahun 2019 yaitu Pasangkayu Baru, Pasangkayu Bangkit. Tagline ini bukan lahir begitu saja, tetapi didasari pada pertimbangan dan analisis. Bahwa akhir-akhir ini dari evaluasi pertumbuhan ekonomi Kabupaten Pasangkayu telah mengalami penurunan, dari 16,40% di tahun 2014, 8,8% di tahun 2015, dan pada tahun 2016 menjadi 4,03%. Ini berarti bahwa di tahun 2018 – 2019 merupakan adanya kebangkitan dan peningkatan pertumbuhan ekonomi.

“Estetika Kabupaten Pasangkayu perlu ditingkatkan, sehingga format pemaparan konseptual infrastruktur kota itu harus menjadi bagian dalam bentuk tagline Pasangkayu Bangkit,” tegasnya.

Sebelumnya

1 / 3