H-2 Masa Pelaporan SPT, Wajib Pajak Padati Kantor Pajak Cibitung

Pantauan JawaPos.com, jelang penutupan masa pelaporan SPT masyarakat mulai membanjiri Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Cibitung. Sebagian dari mereka ada yang melaporkannya secara manual dan ada yang sekadar untuk mendapatkan kode e-FIN untuk pengisian SPT secara online.

Kepadatan itu membuat sebagian WP yang hadir sampai mengungsi ke masjid yang ada di dalam KPP tersebut. Kebetulan, cuaca hari ini memang terik, tempat untuk mengantrenya pun terbatas dan terlalu padat.

Sementara di dalam kantor, antrean untuk mendapatkan e-FIN maupun yang mengisi secara online di lokasi juga cukup padat. Hal serupa juga dialami WP yang melakukan pelaporan secara manual.

Salah satu WP, Riza Yulitasari mengatakan, dirinya baru bisa datang ke kantor pajak untuk mendapatkan e-FIN lantaran kesibukan kerja. Dirinya pun memilih mengisi secara online agar lebih mudah.

“Kebetulan lagi libur makanya saya sempatkan datang ke sini. Sebelumnya belum pernah bikin sih. Biar lebih cepet aja lapor secara online,” ujarnya kepada JawaPos.com, Kamis (29/3).

Hal senada juga diungkapkan oleh Adi, dia baru sempat hadir ke kantor pajak karena mengambil cuti dari kantor. Di sisi lain, untuk bisa mendapatkan e-FIN, tidak mudah begitu saja diwakilkan.

“Baru sempet libur sih. Abis mau diwakilin kan ribet,” tuturnya.

Lain halnya dengan Randi, dia ingin melaporkan pajaknya dengan cepat agar tidak kena denda dari kantor pajak. “Kalau telat bayar kena denda Rp 100 ribu, lumayan kan duitnya,” ujarnya seraya tertawa.

Hingga berita ini diturunkan, masyarakat terus berdatangan ke KPP Pratama Cibitung. Kepadatan itu diyakini akan terus terjadi hingga penutupan masa pelaporan SPT orang pribadi.

(ce1/hap/JPC)