Hiware Bazar, Desa Yang Bangkit Dari Keterpurukan!

Mumbai – Ini adalah kisah inspiratif dari India. Desa bernama Hiware Bazar, puluhan tahun lalu miskin dan kekeringan tapi kini subur dan penduduknya kaya raya. Apa rahasianya?

India memiliki banyak destinasi yang jarang traveler tahu. 5 Jam dari Kota Mumbai, terdapat Desa Hiware Bazar yang menarik untuk didatangi. Desa ini bisa dibilang, bagaikan itik buruk rupa menjelma jadi angsa yang jelita.

Hiware Bazar berlokasi di Ahmednagar District, Negara Bagian Maharashtra yang merupakan negara bagian India ke-3 terluas wilayahnya. Soal pariwisata, desa ini memang tidak memiliki objek wisata atau kuil-kuil bersejarah.

Namun Hiware Bazar, memiliki kisah inspiratif yang patut dicontoh. Tahukah Anda, pendapatan per kapita dari ribuan penduduknya di tahun 1995 sebesar 830 Rupee atau sekitar Rp 162 ribu. Di tahun 2012, pendapatan per kapitanya melejit sebesar 30.000 Rupee atau sekitar Rp 5,8 juta. Wow!

Semua bermula di tahun 1970-an, kala penduduk Desa Hiware Bazar menyentuh titik nadir. Pertanian mereka hancur berantakan karena musim kering yang cukup panjang dan tidak tersedianya cadangan air. Sumur kering, saluran air kering sehingga banyak yang jatuh miskin.

Hal itu diperparah dengan kehidupan sosial masyarakatnya. Angka kriminalitas naik dratis, dengan banyaknya kejahatan di mana-mana. Celakanya lagi, banyak anak muda di sana yang terkena HIV.

Beberapa tahun kemudian, para penduduk Desa Hiware Bazar menyerah. Kebanyakan memilih untuk pindah ke kota, mencari kehidupan yang lebih baik dan layak. Kondisi di desanya sudah tak dapat ditolerir.

Kemudian tahun 1990 menjadi awal cerita bahagia Desa Hiware Bazar. Adalah seorang petani setempat yang bernama Popatrao Baguji Pawar, mencalonkan diri sebagai kepala desa. Dia menjanjikan untuk mengurus dan membenahi kehidupan para penduduknya.

Hal pertama yang dilakukannya, yakni menekan peredaran minuman keras. Bahkan dia menutup 22 bar yang terkenal sebagai tempat nongkrongnya anak muda. Dia tahu, sumber segala masalah anak mudanya adalah alkohol.

Selanjutnya Popatrao membenahi sektor pertanian yang merupakan pekerjaan utama para penduduk desa. Dia membuat bendungan untuk menampung air, yang mana dulu cuma ada satu kini sudah ada sembilan bendungan di sana. Dia juga melarang penduduk menanam tanaman yang menyedot banyak air.

Dia juga mengajak penduduk desa untuk membuat kolam kecil di rumahnya, agar bisa menampung air hujan. Sistem irigasi pun dibenahi, aliran ke tiap ladang pertanian masing-masing orang dibuat secara adil. Belum selesai, dia juga membuat 52 sumur, 32 tanggul dan dua tangki besar untuk penyaringan air.

Baginya, air merupakan barang berharga yang tak boleh tersia-siakan walau setetes pun. Hal itu ditanami ke benak tiap penduduknya, yang perlahan-lahan mulai menghargai air dan memakainya secara hemat.

Kemudian, Popatrao juga membenahi sekolah-sekolah di desanya. Sekolah yang sudah tidak terawat kembali dipercantik. Anak-anak pun sudah mulai bisa kembali ke sekolah.

Hasil jerih payah Popatrao dan penduduk desanya pun terbayar 20 tahun kemudian di tahun 2010. Tanah pertanian kembali subur dan hijau akibat manajeman pengelolaan airnya tepat. Hal itu pun berpengaruh pada kehidupan penduduk desanya, yang pendapatan mereka terus naik. Angka kriminalitas pun menurun tajam dengan menekan peredaran minuman keras.

Bahagianya lagi, sudah tercatat 60 lebih penduduk desanya yang menjadi jutawan. Media-media India pun tak segan memberikan julukan kepada Hiware Bazar, sebagai Desa Jutawan!

Menariknya, para penduduknya yang sudah memiliki kehidupan layak dan menjadi jutawan ternyata masih hidup sederhana. Mereka pun dengan senang hati membantu tetangga dan penduduk desa lainnya yang sedang kesulitan.

Apa yang dilakukan Popatrao sebagai kepala desa, memang sungguh diberi acungan jempol. Kepemimpinannya seolah titik terang bagi penduduk Desa Hiware Bazar. Dia tidak membenahi perekonomiannya saja, tapi juga membenahi kehidupan sosial warganya. Dia pun banjir penghargaan, dengan memenangi banyak penghargaan dari pemerintah sebagai inspirator atau pun kepala daerah terbaik.

Selamat datang di Hiware Bazar, desa di India yang dulu miskin kini kaya raya (tapi tetap sederhana)

Source :

detik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *