Ini Dia 3 Pesan Penting Susi untuk Edhy Prabowo

Sumber

Jakarta – Susi Pudjiastuti serah terima jabatan dengan Menteri Kelautan dan Perikanan periode 2019-2024 Edhy Prabowo. Dalam kesempatan itu, Susi menitipkan 3 pesan penting kepada Edhy untuk mengawal kebijakan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) yang sudah berjalan.

Pertama, pertahankan neraca dagang sektor perikanan. Menurut Susi, saat ini kinerja perikanan di Indonesia, bahkan Susi mengklaim angka neraca perdagangan perikanan nomor satu Asia Tenggara.

Maka dari itu, ia meminta agar Edhy mampu mempertahankan posisi tersebut.

“Neraca perdagangan dari 2015 sudah nomor satu di Asia Tenggara. Pertahankan supaya Indonesia jadi nomor satu. Tentu, policy yang baik tolong diteruskan, kalau tidak baik mohon diperbaiki,” ungkap dia dalam sambutan di KKP, Jakarta, Rabu (23/10/2019).
Kedua, ia juga meminta agar Edhy Prabowo dapat meningkatkan kelestarian laut agar terus berkelanjutan. Dengan begitu, produktivitas perikanan bisa meningkat.

“Kemudian, berkelanjutan. Saya berharap perjuangan untuk meneruskan lestari laut bukan dalam arti konservasi tapi meningkatkan produktivitas,” jelasnya.

Ketiga, Susi berpesan agar Edhy menjalankan Peraturan Presiden (Pepres) Nomor 44 Tahun 2016 tentang Daftar Bidang Usaha yang Tertutup dan Bidang Usaha yang Terbuka, dan penggunaan alat tangkap tidak ramah lingkungan.

Harapannya, dengan aturan tersebut sektor kelautan bisa terjaga dan menjadi tempat mencari rezeki bagi masyarakat Indonesia.

“Barangkali ini yang ingin saya pesankan. Saya titip Pepres 44 dan penggunaan alat tidak ramah lingkungan supaya laut terus lestari, dan jaga kedaulatan laut hanya untuk bangsa karena itu sumber protein karena itu akses buat rakyat,” tutur Susi.

Simak Video “Tiru Susi, Edhy Prabowo Mau Tenggelamkan Kapal Maling Ikan
[Gambas:Video 20detik](pay/hns)