Ini pernyataan resmi The Fed, usai sidang FOMC 12 Juni – 13 Juni 2018

Sumber

The FED. Pernyataan FOMC (13 Juni 2018)

Informasi yang diterima sejak Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) bertemu pada bulan Mei menunjukkan bahwa pasar tenaga kerja terus menguat dan kegiatan ekonomi telah meningkat pada tingkat yang solid. Tambahan lapangan kerja cukup kuat, secara rata-rata, dalam beberapa bulan terakhir, dan tingkat pengangguran telah menurun. Data terbaru menunjukkan bahwa pertumbuhan pengeluaran rumah tangga telah meningkat, sementara investasi tetap bisnis terus tumbuh kuat. Pada basis 12 bulan, baik inflasi keseluruhan maupun inflasi barang-barang selain makanan dan energi, telah bergerak mendekati 2%. Indikator ekspektasi inflasi jangka panjang sedikit berubah, seimbang.

Konsisten dengan mandat undang-undangnya, Komite berusaha untuk menumbuhkan lapangan kerja dan stabilitas harga yang maksimum. Komite mengharapkan bahwa peningkatan lebih lanjut secara bertahap kisaran target bunga dana federal akan konsisten dengan ekspansi berkelanjutan kegiatan ekonomi, kondisi pasar tenaga kerja yang kuat, serta tujuan inflasi Komite yang mendekati simetris 2% dalam jangka menengah. Risiko terhadap prospek ekonomi tampak kurang seimbang.

Mengingat kondisi pasar kerja dan inflasi yang direalisasikan dan diharapkan, Komite memutuskan untuk menaikkan kisaran target untuk tingkat dana federal menjadi 1,75% hingga 2%. Sikap kebijakan moneter tetap akomodatif, dengan demikian mendukung kondisi pasar kerja yang kuat dan menghasilkan secara berkelanjutan hingga 2% inflasi.

Dalam menentukan waktu dan ukuran penyesuaian kisaran target tingkat dana federal di masa mendatang, Komite akan menilai kondisi ekonomi yang direalisasikan dan diharapkan relatif terhadap sasaran kerja maksimum dan sasaran inflasi simetris 2%. Penilaian tersebut akan mempertimbangkan berbagai informasi, termasuk ukuran kondisi pasar tenaga kerja, indikator tekanan inflasi dan ekspektasi inflasi, dan pembacaan pada perkembangan keuangan dan internasional.

Voting untuk tindakan kebijakan moneter FOMC adalah Jerome H. Powell, Ketua; William C. Dudley, Wakil Ketua; Thomas I. Barkin; Raphael W. Bostic; Lael Brainard; Loretta J. Mester; Randal K. Quarles; dan John C. Williams.

Sumber : The Fed
Editor: Hasbi Maulana

FOMC

[embedded content]