Jelang Akhir Penyerahan SPT, Dirjen Pajak Sidak ke KPP Sudirman

JAKARTA – Direktur Jenderal (Dirjen) Pajak Robert Pakpahan melakukan tinjauan ke Kantor Pajak Pratama (KPP) LTO Sudirman. Kunjungan tersebut, dilakukan dalam rangka melihat secara langsung bagaimana kesiapan pelayanan, menjelang ditutupnya pelaporan SPT orang pribadi pada tanggal 31 Maret mendatang.

Dari pantauan Okezone, Kamis (29/3/2018), Robert tiba di KPP Pratama LTO Sudirman sejak pukul 09.00 WIB tadi. Dalam tinjauannya, Robert meninjau bagaimana pelayanan yang diberikan kepada Wajib Pajak yang ingin melaporkan Surat Pelaporan Tahunan (SPT).

BERITA TERKAIT +

“Pagi ini kami berkunjung beberapa kantor Pratama, ada kantor Pratama besar, kantor Pratama LTO 4 yang melayani juga orang pribadi. Dan dilantai dua ada pelayanan secara umum WP yang terdaftar di sini siapa pun bisa datang,” ujarnya saat ditemui di Kantor Pajak Pratama LTO 4, Sudirman, Kamis (29/3/2018).

Baca Juga: Sudah 9,1 Juta Orang Sudah Lapor SPT Pajak

Lebih lanjut Robert mengatakan, pelayanan di Kantor Pelayanan Pajak juga sudah sangat baik. Dari mulai pelayanan, pengambilan e-Fin hingga pelayanan secara tatap muka langsung untuk mengisi form, seluruhnya terlayani dengan baik

“Kelihantannya saya liat sistem sudah berjalan dengan baik ada nomor antrean, kalau mau ngambil E-Fin ada tempatnya kalau mau e filling mau dibantu ada tempatnya dan antreannya banyak tapi kelihatannya masih e-schedule enggak terlalu membludak,” jelasnya.

Bahkan lanjut Robert, antrean yang ada disana juga saat ini sudah relatif lebih lancar meskipun menjelang penutupan. Hal tersebut sangat berbeda dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya yamg harus sampai membangun tenda untuk menampung para Wajib Pajak yang ingin melaporkan SPT.

“Keliatannya pemanfaatan e-filling di tempat masing-masing sudah semakin banyak jadi masa masa pelaporan SPT bulan Maret tidak seramai bulan bulan sebelumnya enggak membludak kalau dulu kan sampai bikin tenda,” ucapnya.

Baca Juga: Reformasi Pajak, Sri Mulyani Percepat Restitusi hingga Sederhanakan Pembebasan PPN

Lebih lanjut Robert berharap agar pelayanan pajak menjelang penutupan untuk orang pribadi bisa berjalan dengan lancar. Sehingga target 18 juta pelapor SPT orang pribadi bisa tercapai.

“Masih ada yang datang untuk mendapat penjelasan dan memastikan dia mengerjakan dengan baik jadi so far cukup berjalan dengan baik. Mudah-mudahan berjalan lancar hari ini,” kata Robert.

(mrt)