JIEP Gandeng PTSP DKI Jakarta Ciptakan Kemudahan Perizinan di Kawasan Industri Pulogadung

BILSON_MANALU

Bilson Manalu, Direktur Operasi dan Pengembangan PT JIEP

(infomoneter)-Sebagai langkah konkret korporasi dalam menciptakan kemudahan serta kenyamanan dalam berinvestasi, PT Jakarta Industrial Estate Pulogadung (JIEP) bersama dengan Dinas Penanaman Modal dan PTSP Pemprov DKI Jakarta pada hari Senin (6/2/2017) menyelenggarakan kegiatan bertajuk “Sosialisasi Produk dan Mekanisme Perizinan Dinas Penanaman Modal dan pelayanan Terpadu Satu Pintu” yang digelar di gedung BPSP 4 lantai PT JIEP.

Bilson Manalu, Direktur Operasi dan Pengembangan PT JIEP, menjelaskan, Dinas Penanaman Modal & PTSP Pemprov DKI Jakarta nantinya akan membuka service point atau gerai pelayanan di Kawasan Industri Pulogadung di jalan Rawa Terate III, Jatinegara, Cakung, Jakarta Timur pada pekan depan.

“Kegiatan pada hari ini kami tujukan kepada seluruh investor juga tenant di Kawasan Industri Pulogadung, dengan harapan para investor dan para pelaku industri memahami bagaimana mekanisme perizinan serta pelayanan di gerai PTSP. Rencananya Service point atau gerai PTSP ini akan segera kami launching minggu depan,” kata Manalu di sela-sela acara Sosialisasi.

Jadi, kata dia, fasilitas Kemudahan Investasi Langsung Konstruksi atau (KLIK)  segera dibuka di kawasan industri pulogadung. Pembukaan KLIK tersebut rencananya akan dibuka oleh Presiden Joko Widodo pada awal Maret mendatang.

“Usai dibuka service point PTSP di Pulogadung, awal Maret Presiden Joko Widodo meresmikan fasilitas KLIK di kawasan Industri Pulogadung. Dengan fasilitas kemudahan investasi konstruksi ini investor dapat langsung membangun proyek mereka setelah mendapat izin investasi  atau izin prinsip baik dari PTSP Pusat maupun BKPM,” kata Bilson Manalu

Kata Bilson, pihaknya berharap dengan fasilitas KLIK tersebut bisa menambah investasi lahan di kawasan industri Pulogadung.

“Saat ini okupansi kami sudah mencapai 80 persen dan diharapkan dengan terealisasi fasilitas KLIK dan hadirnya outlet PTSP maka akan tercapai 100 persen. Dari 500 hektar kavling yang belum terisi masih 12 hektar lagi,” jelas dia

Sementara itu, di sela sela acara, Kepala Dinas Penanaman Modal dan PTSP Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, DR Edy Junaedi, MSI menambahkan kehadiran gerai layanan atau Service Point PTSP di Pulogadung selain untuk mempermudah para investor dan para pelaku industri dalam mengurus segala perizinan usaha di kawasan JIEP juga dimaksudkan untuk melayani masyarakat sekitar yang hendak mengurus berbagai perizinan.

“Tujuan dari pembukaan service point adalah untuk mempermudah pelayanan perijinan bagi para penyewa/investor yang ada di PT JIEP. Selain itu juga bertujuan untuk memutus mata rantai percaloan. Dengan adanya service point tersebut bisa juga dimanfaatkan oleh masyarakat umum sekitar dalam pengurusan dokumen perijinan,” ujarnya.

Pelayanan terpadu satu pintu Pemprov DKI Jakarta menargetkan nilai investasi di Jakarta tahun ini mencapai Rp 55 triliun rupiah. Pihaknya pun optimis angka tersebut bisa tercapai.

“Target ke depan sebesar 55 triliun rupiah dari investasi tersebut dengan komposisi 40 persen dari PMA dan 60 persen dari Penanaman Modal Dalam Negeri,” ujar  Edy Junaedi.

Tahun 2016, pihaknya menargetkan bisa menyedot inveatasi senilai 53 triliun rupiah. Namun, investasi yang tercapai hanya kisaran 51 triliun rupiah. Eddy mengaku optimis bisa mencapai target investasi tadi tahun ini. Bahkan, diharapkan mendapat angka yang lebih besar.

Sebagai informasi, PTSP Jakarta telah menerbitkan 4.327 404 penerbitan perizinan tahun 2016 dan berhasil meningkatkan investasi PMA Rp 40 triliun dan PMDN Rp 9, 62 triliun.

Kehadiran Service Point PTSP pemprov DKI Jakarta di kawasan Industri Pulogadung ini sekaligus menambah  jumlah service point di ibukota dari 318 unit menjadi 319 unit. Selain unit permanen, di kawasan Industri Pulogadung juga akan disediakan mobile service unit dan 10 orang petugas PTSP guna memudahkan masyarakat dan pelaku usaha di seputaran Pulogadung.

Tidak sampai disitu saja, BPTSP DKI juga menyiapkan Mobile Service Unit lengkap dengan petugas dari Antar Jemput Ijin Bermotor (AJIB). Jam operasional di service point ini sama dengan jam pelayanan di service point lainnya. Syarat perizinan yang dibutuhkan dapat diakses pada situs www.pelayanan.jakarta.go.id

PT Jakarta Industrial Estate Pulogadung atau PT. JIEP adalah perseroan terbatas milik Pemerintah Republik Indonesia (BUMN)  dan Pemerintah Propinsi DKI Jakarta (BUMD) dengan porsi kepemilikan saham masing-masing 50%.

Pada perkembangan selanjutnya dan sesuai dengan tuntutan pasar, PT. JIEP melaksanakan diversifikasi sekaligus perluasan usaha dengan membangun secara bertahap bangunan sewa seperti Bangunan Pabrik Siap Pakai (BPSP) 1 s/d 4 lantai, Pergudangan (tertutup dan terbuka), Transit Warehouse, Sarana Usaha Industri Kecil (SUIK), serta bangunan pendukung lainnya seperti property hunian (Bizzhome/ Blok O). Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk lebih menjamin kelangsungan hidup perusahaan di masa depan.

JIEP merupakan perusahaan pengelola Kawasan Industri pertama di Indonesia, yang pada awalnya bertugas menyediakan Tanah Kapling Industri (TKI) dan semua fasilitas industri yang tertata dengan baik bagi para investor yang akan melakukan investasi di bidang manufacturing. Saat ini terdapat 500 perusahaan yang berada di kawasan industri Pulogadung.

JIEP memiliki usaha penyewaan lahan lebih kurang 500 hektar serta disewakan baik itu untuk lahan pabrik, gudang dan kantor oleh perusahaan dari berbagai sektor industri, dan saat ini terdapat 500 perusahaan yang berada di kawasan industri Pulogadung.

Sementara BPTSP Provinsi DKI Jakarta merupakan suatu badan yang menyelenggarakan kegiatan perizinan dan non perizinan secara terpadu dengan sistem satu pintu di Provinsi DKI Jakarta. BPTSP diresmikan pada tanggal 2 Januari 2015.

BPTSP Provinsi DKI Jakarta adalah Satuan Kerja Perangkat Daerah yang dibentuk berdasarkan Peraturan Daerah Nomor 12 tahun 2013 tentang penyelenggaraan Pelayanan Terpadu Satu Pintu yang memiliki tugas untuk melayani perizinan dan non perizinan dengan sistem satu pintu. Saat ini BPTSP melayani 476 jenis dan non izin.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai BPTSP Provinsi DKI Jakarta serta pelayanan perizinan dan non perizinan, dapat menghubungi call center 1-500-164, email pengaduanptspdki@gmail.com. Ikuti juga media sosial BPTSP Provinsi DKI Jakarta di Fan Page Facebook @Pelayanan Jakarta – PTSP DKI dan Twitter @LayananJakarta.

Infomoneter

11 thoughts on “JIEP Gandeng PTSP DKI Jakarta Ciptakan Kemudahan Perizinan di Kawasan Industri Pulogadung

  1. I was wondering if you ever considered changing the page layout of
    your website? Its very well written; I love what youve got
    to say. But maybe you could a little more in the
    way of content so people could connect with it better.
    Youve got an awful lot of text for only having one or two images.
    Maybe you could space it out better?

  2. We’re a gaggle of volunteers and opening a new scheme in our
    community. Your web site offered us with valuable info to work on. You’ve
    done an impressive task and our entire community can be thankful to you.

    adreamoftrains best web hosting 2020

  3. It’s actually a great and useful piece of info. I’m glad that you
    just shared this helpful information with us. Please stay us informed like this.
    Thank you for sharing.

  4. I like the helpful info you provide in your articles. I’ll bookmark your weblog
    and check again here frequently. I’m quite sure I’ll learn many new stuff
    right here! Best of luck for the next!

  5. I think the admin of this web site is genuinely working hard
    for his site, for the reason that here every data is quality based data.
    cheap flights 31muvXS

  6. Aw, this was an extremely nice post. Spending some time and actual effort to produce a superb
    article… but what can I say… I hesitate a lot and never
    seem to get nearly anything done.

  7. Amazing! This blog looks just like my old one!
    It’s on a entirely different subject but it has pretty
    much the same page layout and design. Outstanding choice of colors!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *