Kantor Google di Paris Digerebek, Diduga Kemplang Pajak

Google dituding utang ke Pemerintah Prancis sebesar US$1,12 miliar.

Kantor Google di Paris Digerebek, Diduga Kemplang Pajak

Kantor Google di Paris, Prancis, digerebek dan ditutup oleh pihak berwenang. Kejadian tersebut bermula, perusahaan teknologi tersebut diduga mengemplang pajak yang sudah diatur di Prancis.

Penyidik pajak Prancis memutuskan untuk menggerebek dan menutup kantor Google di negaranya, karena perusahaan teknologi itu tidak mengikuti aturan pajak. Maka dari itu, Prancis menyegel kantor Google guna mengungkap penyelidikan yang dilakukan pihak berwenang setempat sejak setahun lalu.

Seperti yang diberitakan Cnet, Rabu, 25 Mei 2016, Google disinyalir berutang kepada Prancis sebesar US$1,12 miliar karena tidak membayar pajak dan denda kepada pemerintahan setempat.

Mengenai peristiwa tersebut, Google yang merupakan anak perusahaan dari Alphabet Inc ini membantah telah mengemplang pajak. Perusahaan mesin pencarian internet ini mengaku telah mengikuti aturan yang berlaku di negara yang beribu kota di Paris itu.

“Kami mematuhi hukum pajak di Prancis seperti di negara lainnya, di mana kami beroperasi. Kami bekerja sama sepenuhnya dengan pihak berwenang di Paris untuk menjawab pertanyaan mereka,” ucap Google dalam sebuah pernyataannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *